iklan
Metro Kendari

Fakultas Teknik UHO Launching Program Desa Binaan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan sosialisasi dan launching program desa binaan sekaligus melakukan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk mewujudkan tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik UHO Edward Ngii mengatakan, melalui program desa binaan pihaknya akan lebih bersinergi dengan pemerintah kota, provinsi, kabupaten, hingga desa sebagai upaya mendukung pembangunan desa.

Melalui program ini pihaknya akan mengetahui program unggulan yang ada di desa. Selanjutnya mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmunya di masyarakat dan bisa bermanfaat.

“Dengan kata lain, dengan keberadaan mahasiswa ini di desa bisa lebih mempercepat terealisasinya program-program desa. Ini penting karena dapat mendukung visi misi dari fakultas maupun universitas,” katanya, Senin (14/11/2022).

Dari sisi akademik, lanjut dia, bisa membantu tugas akhir mahasiswa dengan mengambil persoalan-persoalan yang ada di desa binaan ini. Sehingga, apa yang menjadi tugas akhir dapat menjadi solusi bagi desa.

“Sehingga keilmuan mereka para mahasiswa ini bisa bermanfaat dan berkelanjutan dalam membangun desa. Adapun desa binaan yang menjadi fokus saat ini ialah sembilan desa dari beberapa kabupaten seperti Kabupaten Bombana, Wakatobi dan Konsel,” jelasnya

Sementara Kepala Bidang Pemerintah Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Sultra, Syaifullah, menuturkan, membangun desa memang harus saling bersinergi, baik pemerintah maupun universitas seperti UHO ini.

“Secara pribadi agar Fakultas Teknik UHO dapat langsung berkontribusi dalam membangun desa, semoga ini bisa berkelanjutan dapat membantu pemerintahan desa karena jujur saja kita ini kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM),” harapnya.

Selain itu, jelas dia, mahasiswa tidak hanya teori tetapi juga prakteknya di lapangan. Sehingga saat kembali ke masyarakat bisa langsung bekerja.

Kabid Perekonomian SDA Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Bombana, Nur Alaina Samad, mengatakan, sebagaimana tridarma perguruan tinggi, semoga FT UHO dan kabupaten atau desa bisa saling bersinergi, semoga ke depan apa yang dikerjakan ini dapat menjadi pilot project. (bds)

 

Reporter: Septi Syam
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button