Metro Kendari

Fakultas Ilmu Budaya UHO Gelar Lomba Debat

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar kompetisi lomba debat tingkat fakultas, yakni “Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), National University Debating Championship (NUDC), dan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat FIB 2021.

Kegiatan ini akan terselenggara selama empat hari, sejak pembukaan hari ini hingga 25 Maret 2021.

Dekan FIB, Akmad Marhadi, dalam sambutannya menyampaikan lomba debat ini bisa menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam hal berorasi/berbicara di depan umum dan berdebat secara intelektual di antara kalangan mahasiswa.

Dikatakan, minat dan bakat mahasiswa harus disalurkan ke arah yang baik. Lomba ini diharapkan mampu melahirkan mahasiswa yang unggul dalam hal pengetahuan literasi, retorika, dan akademik.

“Setiap mahasiswa yang memperoleh predikat terbaik dalam lomba debat ini harus diberi reward untuk kian memacu semangat para mahasiswa,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia pelaksana lomba, Muliadi mengatakan, salah satu tujuan lomba ini adalah melatih keterampilan berbahasa, berbicara dan menulis yang baik dan benar. Titik fokusnya pada poin berbicara yaitu pidato, berceramah, dan lain sebagainya.

“Pemenang dari lomba ini akan mengikuti seleksi lomba tingkat universitas dan selanjutnya akan mewakilinya universitas dalam ajang lomba debat tingkat nasional untuk wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini telah memenuhi standar prokes Covid-19, dengan ketetapan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3 M) dan tidak menghadirkan penonton pada kegiatan tersebut.

Reporter: Faisal
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button