Metro Kendari

Bangga Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton, Ali Mazi: Bentuk Pelestarian Kebudayaan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya pada pelaksanaan HUT RI, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat. Kali ini, tepat 77 tahun kemerdekaan RI, Presiden Jokowi bersama istri mengenakan pakaian adat dari Sulawesi Tenggara, tepatnya Buton. Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan bagi warga Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menuturkan, pihaknya sangat bangga dan bersyukur, tahun ini, Presiden Jokowi dan istri mengenakan pakaian adat Buton.

“Sebagai gubernur mewakili masyarakat Sultra, berterimakasih kepada Presiden karena telah berkenan mengenakan pakaian adat Buton di HUT ke-77 RI,” jelasnya, Rabu (17/8/2022).

Ali Mazi memahami, tidak mudah agar baju ini bisa terpilih. Semua provinsi menginginkan pakaian adatnya dikenakan oleh Presiden. Namun dari sekian banyak provinsi di Indonesia, pakaian Sultra berhasil memikat Presiden Jokowi.

“Tidak hanya pakaian adat Buton, Tari Lumense dari Kabaena, Kabupaten Bombana pun dipertontonkan di istana negara. Ini menjadi salah satu upaya kita dalam melestarikan budaya daerah,” ungkapnya.

Ali Mazi juga mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya baik itu pakaian adat, tarian, hingga makanan. Pemerintah Sultra pun terus mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Sultra, seperti dengan mewajibkan menggunakan tenun atau kain khas Sultra setiap Hari Kamis.

“Kita berharap para generasi muda bisa menjunjung tinggi warisan dari leluhur dan mengembangkannya. Jangan sampai meninggalkan apalagi melupakan kebudayaan kita ini,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Septi Syam
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button