Metro Kendari

Ciptakan Pemilu 2024 yang Kondusif, Bawaslu Sultra Gelar Rapat Evaluasi dengan Gakkumdu

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat evaluasi bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari kepolisian dan kejaksaan.

Rapat evaluasi yang juga menghadirkan seluruh komisioner Bawaslu kabupaten/kota di Sultra itu dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat (9/12/2022).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Sultra, Ajmal Arif menjelaskan, rapat itu dilaksanakan guna menciptakan Pemilu 2024 yang jujur, adil serta terbuka.

Kata dia, pesta demokrasi pemilu serentak semakin dekat, Bawaslu Sultra menimbang perlu adanya peningkatan sinergi dalam upaya penegakan hukum pelanggaran pemilu menuju penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

“Hal ini juga berkaitan dengan keberhasilan, efektifitas, kendala atau permasalahan yang terjadi di Bawaslu kabupaten/kota,” terang Ajmal.

Lanjut dia, kejaksaan, kepolisian merupakan pusat aktivitas penegakan hukum pidana pemilu nantinya.

“Untuk itu kita harapkan unsur yang tergabung dalam Gakkumdu dapat memaksimalkan kerja-kerja pengawasan tindak pidana pemilu nantinya,” bebernya.

Kata Ajmal, sejauh ini Bawaslu Sultra belum mendapatkan pengaduan ataupun laporan tindak pidana yang terjadi di seluruh wilayah kerja Bawaslu 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra

“Hingga saat ini, pada tahapan Pemilu 2024 belum ada pengaduan ataupun laporan yang masuk di Bawaslu Sultra,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button