Metro Kendari

BNNP Sultra Tes Urine Maba Mandala Waluya, 712 Dinyatakan Negatif

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Screening Test (Tes Urine Narkoba) kepada mahasiswa baru (Maba) di Universitas Mandala Waluya (UMW).

Pelaksanaan tes urine dilakukan di Kampus Universitas Mandala Waluya, Rabu (15/9/2021), dengan target seluruh mahasiswa baru.

Salah satu petugas BNNP Sultra, Yuyun Yulianti, mengatakan Kegiatan Screening Test (Tes Urine Narkoba) adalah upaya dalam mewujudkan lingkungan pendidikan bebas narkoba.

“Pelaksanaan tes urine ini bertujuan agar para peserta kegiatan menjadi imun dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan menciptakan lingkungan pendidikan bebas narkoba,” ujarnya melalui rilis yang diterima, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan tes urine kepada 712 orang Maba.

Berdasarkan hasil screening diperoleh bahwa dari semua sampel didapatkan hasil negatif narkotika.

Dalam kegiatan juga telah menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) mulai dari physical  distancing, menggunakan Masker, hand sanitizer, mengukur suhu dengan termometer  Infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran Covid 19.

“Alhamdulillah Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, tukasnya.

Kegiatan ini berdasarkan Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN dan peraturan Kepala BNN Nomor 23 Tahun 2017 tentang perubahan ke lima atas peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Nomor 3 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota

Dalam menindaklanjuti Surat Rektor Universitas Mandala Waluya Nomor: 1115/UMW.03/IX/2021, tentang permohonan pemeriksaan urine kepada Mahasiswa/Mahasiswi Baru Universitas Mandala Waluya.

Maka Surat Perintah Kepala BNN Provinsi Sultra Nomor: Sprint/816/IX/Ka/PM.00.02/2021/BNNP Tanggal 13 September 2021 tentang Petugas Kegiatan Screening Test (Tes Urine Narkoba) pada Mahasiswa/Mahasiswi Baru Universitas Mandala Waluya.

 

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button