Metro Kendari

BLK Kendari Teken MoU dengan PT KINKI, Siswa Alumni Las Bakal ke Jepang

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan PT KINKI Sulawesi Tenggara (Sultra) teken Memorandum of Understanding (MoU) untuk memberdayakan siswa alumni.

Siswa alumni pelatihan kejuruan teknik las yang telah dinyatakan lulus dan berkompeten akan dikirim magang ke Negeri Sakura, Jepang.

Penandatangan MoU tersebut dilaksanakan di ruang kerja Kepala BLK Kendari pada Senin, (13/9/2021).

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu, menuturkan, penandatanganan MoU yang dilaksanakan bersama PT KINKI Sultra, merupakan prospek baik untuk mengurangi angka pengangguran di Sultra.

Katanya, dengan MoU diharapkan alumni siswa Las SMAW 3G BLK Kendari dapat diterima bekerja dan magang ke Jepang.

“Adanya kerja sama ini, juga akan memberikan pengalaman baru bagi para alumni untuk bekerja di luar negeri dan itu akan difasilitasi oleh PT KINKI Sultra Sinergi yang merupakan lembaga pengirim pemagangan ke Jepang,” terangnya melalui rilis yang diterima, Selasa (14/9/2021)

Selain itu, mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), menjelaskan dalam kesepakatan itu dapat memberikan pelatihan terhadap peserta sesuai kebutuhan atau standar yang telah ditentukan.

Selanjutnya, akan menyediakan sarana dan prasarana sebagai tempat pelaksanaan pelatihan, dan menyediakan data alumni pelatihan kejuruan teknik las alumni SMAW 3G untuk kebutuhan dari PT KINKI Sultra Sinergi.

“Segala fasilitas sarana pelatihan sepenuhnya kami siapkan sesuai kesepakatan bersama, hal itu agar para alumni kita bisa menjadi tenaga magang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT KINKI Sultra, Abdul Rais Nura, membenarkan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan BLK Kendari yang tertuang melalui MoU.

“Kemarin (red-Senin) kita sudah teken MoU dengan BLK Kendari untuk pemagangan alumni siswa Las SMAW 3G ke Jepang,” ujarnya.

Katanya, dalam MoU tersebut PT KINKI memiliki kewajiban untuk memberikan informasi kebutuhan alumni kepada BLK Kendari sesuai persyaratan yang dibutuhkan dan akan memberikan informasi detail tentang keahlian keterampilan yang diperlukan sehingga menjadi acuan penyusunan standar materi pelatihan berbasis SKKNI.

“Kami percaya alumni BLK Kendari bisa menjadi tenaga kerja yang handal di luar sana dan itu akan sangat membanggakan kami dan BLK Kendari,” tutupnya.

 

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button