Metro Kendari

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UHO Teken MoU dengan BLK Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Universitas Halu Oleo (UHO) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pelatihan mahasiswa yang dilaksanakan di Aula Serba Guna BLK, Senin (29/11/2021).

Pelatihan tersebut diikuti 112 mahasiswa program pendidikan vokasi UHO.

Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu menjelaskan, kerja sama pelatihan tersebut merupakan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Seperti yang saya katakan tadi bahwa ini, kan salah satu bentuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa kita itu sekarang tidak hanya belajar di kampus saja, tapi harus terjun juga di lapangan, ini salah satunya,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud peningkatan kompetensi mahasiswa, sehingga mengetahui apa yang terjadi di luar proses perkuliahan.

“Kerja sama ini akan berkelanjutan, makanya saya sudah minta tadi sama Pak Direktur Program Pendidikan Vokasi, Pak Kepala BLK agar nanti pelatihan-pelatihan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun, tidak hanya satu kali,” pungkasnya.

Empat program yang akan dilatih oleh BLK Kendari, yakni program operator otomatis PLC, program operator bassic office, program juru gambar arsitektur, dan program juru ukur (surveyor).

Sementara Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama lima hari ke depan, dan setelah itu peserta pelatihan bakal menjalani uji kompetensi bersama asesor-asesor ahli dari beberapa BLK di Indonesia.

“Mereka akan mendapatkan dua sertifikat, yakni sertifikat pelatihan selama lima hari dan juga sertifikat uji kompetensi,” katanya. (bds*)

Reporter : Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button