Metro Kendari

Bertolak KKN, Mahasiswa IAIN Kendari Jalani Tes Swab Covid-19

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wabah Covid-19 tak kunjung mereda dan persebarannya terus terjadi. Masyarakat pun waspada agar tidak terjangkit virus mematikan ini.

Salah satu upaya deteksi aman pencegahan penularan virus corona adalah melalui tes swab.

Hal ini yang dilakukan puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang akan bertolak melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara di beberapa wilayah kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tes swab berlangsung di gedung IAIN Kendari, Rabu (30/6/2021). Satu persatu mahasiswa menjalani tes swab dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Fredy, salah satu mahasiswa mengaku bersyukur bisa menjalani uji swab ini.

Menurutnya, uji swab mengidentifikasi penularan Covid-19 merupakan upaya positif pihak IAIN dalam memperhatikan kondisi kesehatan mahasiswa sebelum turun mengikuti program KKN di masyarakat.

Uji swab juga katanya, memastikan kondisi mereka aman dari penularan corona.

“Kami sekitar 80 orang mahasiswa yang akan KKN, semuanya jalani uji swab dan kami semuanya aman dari corona,” katanya.

Dosen IAIN, Abdul Kadir, turut memantau proses uji swab mahasiswanya di kampus dan mengapresiasi minat swab para mahasiswa.

Katanya, prosedur pelaksanaan uji swab tersebut sesuai standar Prokes Covid-19, dimana seluruh mahasiswa yang menjalani swab wajib mengenakan masker, jaga jarak, dan terapkan cuci tangan/hand sanitizer.

“Kami terapkan Prokes Covid-19 selama pelaksanaan uji swab, ini demi kesehatan mahasiswa kami, khususnya mereka yang akan menjalani KKN Nusantara di beberapa wilayah,” tukasnya.

Beberapa titik sebaran lokasi KKN Nusantara mahasiswa KKN, seperti Konawe Selatan yang mencakup wilayah Kecamatan Konda, Sindangkasih, Landono, dan Mowila dengan lama KKn selama 45 hari.

Dengan swab ini, mahasiswa juga diharapkan memberi informasi positif terkait proses swab termasuk vaksinasi di masyarakat.

Reporter: Dahlan
Editor: Via

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button