Metro Kendari

Pemkot Kendari Bentuk Forum Kota Sehat

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari resmi membentuk Forum Kota Sehat di ruang pola Balai Kota Kendari, Sabtu (3/12/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, Forum Kota Sehat dapat menjadi wadah aspirasi masyarakat, juga dalam rangka mencapai prestasi yang pernah diraih oleh Kota Kendari sebagai kota sehat beberapa tahun yang lalu.

“Jadi prestasi yang dimaksud bukan tentang pendidikan maupun penghargaan tetapi bagaimana output dari program ini menjadikan masyarakat Kota Kendari sebagai masyarakat yang sehat,” ujar Asmawa Tosepu.

Asmawa Tosepu menjelaskan, untuk langkah selanjutnya pihaknya bakal terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, bukan hanya pada pemerintah tapi dunia usaha, sektor swasta, akademisi, dan media.

“Sehingga program-program kota sehat ini dapat tersampaikan kepada masyarakat. Terdapat lima poin utama, di antaranya kemandirian, keadilan dalam upaya pelayanan, dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ketua Forum Kota Sehat Kendari Siti Chomzah mengatakan, masyarakat sehat tidak hanya dilihat dari segi fisiknya, tetapi juga mentalnya, sosialnya bahkan sehat lingkungan, sehat ekonomi dan sehat pertumbuhan penduduknya.

“Forum Kota Sehat Kota Kendari percaya bahwa wadah ini mesti didukung penuh, dibina dan diberdayakan serta digerakkan bukan hanya secara moral tetapi juga kebijakan dan penganggaran,” ujar Siti Chomzah.

Siti Chomzah menjelaskan, kehadiran Forum Kota Sehat Kota Kendari ke depannya diharapkan mampu bersinergi dengan program-program pemerintah melalui sembilan tatanan penyelenggaraan, yakni kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, pasar, satuan pendidikan, pariwisata

Kemudian transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial dan pencegahan serta penanganan bencana

“Untuk dapat mewujudkan Kota Kendari sebagai kota sehat, kami sadari bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus kita koordinasikan, kolaborasikan dan sinergikan,” jelasnya. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button