Hukum

Jika Terbukti Ikut KLB Moeldoko, Elite DPC Tiga Daerah di Sultra Terancam Disanksi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tiga elite Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat di Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam mendapat sanksi.

Ketiganya, yakni elite DPC Muna, Ketua DPC Konawe Utara (Konut), dan Ketua DPC Buton Utara (Butur).

Ancaman pemberian sanksi tak terlepas dari dugaan ketiganya mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) kubu Moeldoko di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhamad Endang SA, mengatakan, jika terbukti melakukan pelanggaran maka bakal diberikan sanksi.

Lebih lanjut, Endang menjelaskan, sanksi yang diberikan sepenuhnya gawean Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat yang dinakodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Adapun bentuk sanksi yang nantinya diberikan kepada elite Demokrat di tiga daerah itu, berupa sanksi ringan teguran dan sanksi paling berat yaitu pemecatan, sesuai AD/ART Partai Demokrat.

“Akan ada sanksi, jika terbukti ikut KLB,” tegas eks Wakil Ketua DPRD Sultra ini, Kamis (8/4/2021).

Sebelumnya, DPP telah memberikan sanksi terhadap La Moane Sabara dengan memberhentikan dari posisinya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat, yang digantikan Rusda Mahmud selaku pelaksana tugas (Plt).

Pemberhentian ini tidak lepas dari La Moane Sabara terbukti menghadiri KLB kubu Moeldoko, yang diketahui juga jika KLB tersebut ditolak oleh pemerintah pusat dan tetap mengakui Partai Demokrat versi AHY.

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button