Hukum

Hujan Lebat, Pohon Tumbang Nyaris Timpa Pengendara di Kemaraya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kendari, Kamis (19/12/2019).

Saat hujan, sebuah pohon besar di pinggir jalan wilayah Kelurahan Kemaraya tumbang, dan nyaris menimpa pengendara yang melintas.

Sontak, warga sekitar bergerak menyingkirkan dari jalan sambil menginformasikan kepada petugas Dinas Lingkungan Hidup. Tak lama berselang, pohon besar yang tumbang dibersihkan dari jalan.

Kepala Dinas (Kadis) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Paminuddin Mane menyatakan ada dua titik pohon tumbang saat hujan lebat terjadi.

Yakni di Kelurahan Kemaraya, Kendari Barat, dan Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu.

BPBD bergerak mengantisipasi tumbangnya pohon di dua wilayah itu.

BACA JUGA:

“Sekitar jam dua tadi ada dua pohon yang tumbang di kecamatan yang berbeda, namun alhamdulillah tak ada korban jiwa,” kata dia saat dihubungi Detiksultra.com

“Tim kami bersama DLHK Kendari, sementara sedang membersihkan pohon yang tumbang di badan jalan, sudah mau selesai. Memang agak sedikit menganggu pengendara, tapi kita upayakan cepat teratasi,” lanjutnya.

BPBD Kendari menyiapkan tim reaksi cepat yang sigap 2 x 24 jam untuk merespon jika ada laporan bencana di musim penghujan ini.

“Kami ada tim yang nama tim reaksi cepat (TRC), jadi kami siapkan TRC ini 2×24 siap siaga untuk menunggu laporan masyarakat dan juga turut langsung memantau di lapangan,” beber dia.

BPBD menghimbau masyarakat Kota Kendari agar waspada terhadap bencana seperti longsor, banjir, dan pohon tumbang selama musim hujan.

Bagi pengendara diharapkan memarkir kendaraan dilokasi yang aman dari ancaman pohon tumbang.

“Pengguna jalan harus waspada, juga pengguna kendaraan kalau bisa tidak memarkirkan kendaraanya di bawah pohon,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button