Regional

BMKG Prediksi Hujan Lebat Dua Hari Kedepan, Warga Waspada

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan mengguyur wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kurun periode 16-18 Maret 2020.

Dalam siaran pers resmi BMKG, dijelaskan terjadinya hujan lebat dalam kurun dua hari kedepan, disebabkan adanya gelombang atmosfer atau Rosbby Equator yang terdapat di sebagian besar Sumatera, Selat Karimata, dan Laut Jawa bagian Utara dan adanya sirkulasi siklonik di perairan sebelah Barat Sumatera.

Gelombang atmosfir menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bagian Barat sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan.

“Jadi untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku,” ujar Pelakasana Tugas (Plt) Deputi Bidang Meteorologi, Widada Sulistya, Senin (16/3/2020).

BACA JUGA :

BMKG mengimbau masyarakat agar responsif terhadap prediksi hujan lebat yang bakal terjadi agar tetap mewaspadai bencana alam seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang .

“Hujan lebat ini dapat menimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button