Headline

Konsel Siaga Satu Banjir

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Adi Warsa, menyatakan status siaga 1 atau siaga banjir telah diberlakukan untuk enam wilayah Kabupaten Konawe Selatan, Sultra

Status siaga satu tersebut mulai diberlakukan sejak Senin malam (3/6/2019), akibat debit air di beberapa lokasi Daerah Alirah Sungai (DAS) yang semakin meningkat dan frekuensi hujan yang terjadi secara terus menerus sejak tiga hari terakhir.

”Kami sudah siaga satu karena ada dua desa salah satunya Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara yang tahun lalu tinggi banjir setinggi atap, hari ini beberapa rumah di sana sudah mulai tergenang,” jelasnya, kepada Detiksultra.com.

Ia juga menyebutkan, salah satu jembatan penghubung dua kecamatan yakni Kecamatan Konda dan Kecamatan Moramo Utara terputus, hingga menyebabkan akses jalan tidak dapat dilalui kendaran baik itu roda empat maupun kendaraan roda dua.

”Ada jembatan putus di Lawoila, box kalver yang sedang dikerja, ada jalan darurat alternatif turun ke kali tapi tidak dapat dilewati akibat debit air yang tinggi, lewat Cialam belakang Brimob, jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Konda dan Kecamatan Moramo Utara,” terangnya.

Pihaknya juga telah menyiagakan sejumlah personil yang terdiri dari 24 staff BPBD Konsel, dibantu 20 relawan yang tersbar di lima titik yang akan dioptimalkan untuk menangani evakuasi dini dan penyampaian informasi darurat.

Reporter: Anca
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button