HeadlineMetro Kendari

Empat Tim PKM UHO Lolos Pimnas 2021

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA. COM – Empat tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan tampil pada Pekan Olimpiade Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke -34 yang akan berlangsung di Universitas Sumatera Utara, Medan pada 26-30 Oktober 2021.

Keempat tim yang akan tampil pada ajang bergengsi tersebut adalah mahasiswa tingkat nasional terpilih dari 33 tim PKM yang melaksanakan penelitian pada berbagai kategori program kreatifitas mahasiswa yang didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Adapun jumlah tim yang akan tampil pada pimnas tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya tiga tim.

Empat tim yang lolos tersebut terdiri atas dua tim PKM kategori riset (PKM-R), satu tim PKM kategori penerapan iptek (PKM-PI), dan dua tim PKM karya tulis kategori gagasan futuristik konstruktif (Pakam-GFK).

Dua dari empat tim berasal dari Fakultas Teknik, sementara dua tim berasal dari Fakultas Farmasi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UHO.

Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, UHO merasa bangga dengan tampilnya keempat tim pada pimnas tersebut.

“Semoga keempat tim yang bertandang pada Pimnas 2021 ini dapat memberikan hasil terbaik untuk UHO. Sebenarnya seluruh tim ini sudah merupakan juara karena sudah berhasil menyisihkan lebih dari 50 ribu proposal penelitian yang pesaingnya di seluruh Indonesia,” kata Rektor UHO dalam keterangan resminya, Senin (25/10/2021).

Tim PKM -R yang berasal dari Fakultas Farmasi akan mempresentasikan hasil riset “Potensi Adaptogenik Kombinasi Infusa Buah Mangkudu dan Daun Kemangi dalam Mengurangi Stres”. Tim ini dibimbing oleh Prof. Sahidin, Sitti Rahmatiah (Ketua), Nugrayanti (Anggota).

Tim PKM-R yang berasal dari Fakultas MIPA akan tampil dengan hasil penelitian “Inovasi Strip Kromatografi Berbasis Selalosa Nitrat dari Nata de Coco untuk Skrining Cepat Defisiensi Imunoglobulin G.” Tim ini didampingi oleh Muhammad Syahrir Pratama. Anggota ada Lia Uswatun Hasanah dan Supriadi di bawah bimbingan dosen pendamping Abdul Haris Watoni.

Sedangkan, Tim PKM -PI yang bersal dari Fakultas Teknik akan mempresentasikan hasil penelitian berjudul “Smart Portable Quality Controller Based On Io T: Peningkatan Mutu Produk Sagu Basah pada Kelompok Produsen Sagu Tradisional Toas.”

Ini diketuai oleh Aditya Sukadi Putra, Anggota ada Penyanyi Wahyudi dan La Ode Masri Ande Kolewora di bawah bimbingan Hasmina Tarmokui. Tim ini berhasil menerapkan prototipe alat pengukur kualitas sagu dihasilkan oleh mitra yang dilaksanakan di mitra Kelompok Produsen Sagu Tradisional Tauso Kolaka.

Tim PKM-GFK akan menyajikan gagasan futuristik berjudul “HAPPYLENSVR : Sistem Trauma Healing berbasis Virtual Reality untuk Mengurangi Trauma Bencana pada Anak.

Kelompok ini didampingi Fahrul Ardian Nugroho beranggota Fadli Brilian Daska dan Waode Nuriil Rezky Annisa.

Tim Pimnas UHO didampingi oleh Wakil Rektor III UHO Nur Arafah dengan Anggota Ahmad Zaeni, Loan Rahmadan, La Ode Ahmad, dan Drs. Ahir Hidayat.

Selain bersimulasi melakukan presentasi, tim PKM UHO juga mendapatkan pendampingan dalam bidang materi atau konten.

Pada tahun lalu UHO berhasil memperoleh tiga medali pada ajang Pimnas ke -33 yang digelar secara daring dan luring di Universitas Gaja Mada. (*)

Reporter : Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button