HeadlineMetro KendariPolitik

Eka Suaib: Tiga Cagub Sultra Miliki Potensi Menang yang Sama

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pengamat politik sultra yang juga dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof H Eka Suaib menganalisa peluang kemenangan masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur pada pilkada 27 Juni 2018 mendatang.
Eka Suaib melalui sambungan telepon kepada Detiksultra Selasa (20/02/2018) mengungkapkan, ketiga calon gubernur dan wakil gubernur ini sudah memiliki ruang-ruang yang menjadi basis utama mereka.
“Mereka bertiga mempunyai basis-basis dasar. seperti Ali Mazi basis dasar dari kepulauan, kemudian Asrun basis dasarnya Kendari, Konsel, Konut dan Konawe. Begitu pula dengan Rusda yang basis dasarnya Kolaka Raya. Jadi sebetulnya diskontestasi ini berlandaskan politik identitas, sehingga yang bisa memenangkan kontestasi itu adalah yang sanggup untuk memperluas basis-basis dasarnya, ” ujar Eka Suaib.
Tidak hanya basis dasar, lanjut Eka Suaib, ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kemenangan ketiga cagub tersebut.
“Saya kira ada tiga faktor untuk menunjukan kemenangan itu. Faktor ekstabilitas, faktor mesin partai politik dan faktor sumber daya yang dimiliki masing-masing calon. Ketiga faktor itu yang bisa mempengaruhi kemenangan mereka,” sebutnya.
Ia juga menilai Cagub yang mampu memenangkan kontestasi ialah mereka yang mampu bekerja secara baik.
”Saya fikir, pemenang nanti adalah orang yang sanggup melakukan kerja-kerja politik secara baik, namun mereka bertiga juga sangat mempunyai kesempatan menang karena masing-masing punya potensi dasar,” kata Eka Suaib.
Mantan anggota KPU Sultra ini berharap, ketiga calon gubernur dan wakil gubernur dapat beradu gagasan dan program sehingga masyarakat dapat memilih karena gagasan dan program kerja yang ditawarkan, bukan karena uang.
Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button