CeritaEkobisMetro Kendari

Tiga Negara Eropa Semarakkan Halo Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tiga negara asal benua biru, turut ambil bagian dalam gelaran Halo Sultra, yang dilaksanakan mulai 23 s.d 27 April 2018. Tiga negara itu yakni Jerman, Belanda, dan Prancis.
“Forum bisnis pariwisata ini diikuti 20 biro perjalanan wisata, yakni dari Jakarta, Bali, Makassar, Bandung Jogjakarta, dan Kepulauan Riau, serta perwakilan 3 negara, yaitu Jerman, Belanda dan Perancis. Pagelaran seni budaya ini juga diikuti 17 grup utusan kabupaten/kota,” papar Ketua panitia, Syahruddin Nurdin.
Lebih lanjut, Halo Sultra ini juga diramaikan dengan karnaval tenun Sultra, yang diikuti 55 ikon. Terdiri atas 4008 pendamping utusan instansi vertikal, TNI/Polri, perbankan, SKPD provinsi dan kabupaten/kota, serta komunitas pariwisata. Sementara festival kuliner diikuti 21 grup.
Kemudian fotografi nasional yang diikuti 156 pendaftar dari 18 provinsi. Namun setelah melalui seleksi, hanya 30 peserta dari 8 provinsi yang berhasil lolos mengikuti lomba.
Untuk diketahui, agenda tahunan Halo Sultra masuk dalam kalender 100 gelaran Wonderfull Indonesia tahun 2018.
Sementara itu, perwakilan Kemenpar RI, yang tak lain Ketua Kurator Calender of Event Wonderfull Indonesia, Taufik Rahzen menyarankan, ekspose pesona Halo Sultra ini diperpanjang selama delapan hari.
“Inspirasinya dari kata Halu Oleo. Delapan hari bersejarah dan bermakana itu, agar para investor dunia bisa datang dan ikut serta dalam ekspose ini,” katanya saat mengunjungi stand expo.
Menurutnya, untuk memperkenalkan Sultra di dunia, pemerintah harus membuat kebijakan program pembangunan pariwisata sebagai leading sektor di Sultra.
Ia mencontohkan beberapa provinsi yang awalnya tertinggal. Namun karena menjadikan pariwisata sebagai leading sector, provinsi tersebut kini maju dan terkenal.
“Banyuwangi cepat sekali dia naik, Bandung, NTB, dulu tertinggal, sekarang lebih terkenal dia, ada Jogjakarta, Bali,” ungkapnya.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button