Ekobis

Mie Sagu, Alternatif Pengganti Sarapan Bikin Kenyang

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mie Sagu adalah salah satu bahan makanan yang terbuat dari tepung sagu yang telah melalui proses rebusan air hangat. Mie sagu memiliki tekstur lembut dari mie-mie biasa, sangat cocok dojadikan alternatif sarapan yang bisa membuat kenyang.

Dilansir dari Hellosehat.com, Kandungan nutrisi terbanyak dalam sagu adalah karbohidrat murni. Karbohidrat ini masuk dalam kategori makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk bahan energi dan fungsi otak. 

Walaupun tergolong bukan makanan yang rendah kalori dan sumber protein serta serat yang baik, namun kandungan sagu mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit.

[artikel number=3 tag=”kuliner,sagu”]

Nah, hal ini membuktikan jika secara keseluruhan nutrisi dalam sagu masih golongkan relatif lengkap walaupun jumlahnya tidak banyak.

Saat ini, stok Mie sagu masih terbilang susah diperoleh di pasaran, sebab produksinya masih terbatas.

Nia (24), salah satu pembuat mie sagu mengaku selalu membagi resep pembuatan olahannya.

“Adapun bahan- bahannya, 300 gram tepung sagu yang dibagi menjadi dua, 250 gram dan 50 gram 1/2 gelas air, 1 sudu makan garam, 1 sendok makan minyak sayur. Disini kami menggunakan sagu yang diolah secara tradisional, jadi warnanya agak gelap”, jelasnya, Kamis (8/8/2019).

Cara membuatnya jelas Nia, cukup mudah, merebus 50 gram mie sagu agak setengah masak. Satukan mie sagu yang setengah masak ke dalam tepung sagu yang 250 gram, aduk sampai licin.

Pipihkan sampai menjadi tipis potong persegi empat, ukuran sesuai selera. Kalau mau mie yang panjang, maka lebarkan ukurannya. Iris tipis- tipis, kemudian rebus irisan ke dalam air mendidih yang terlebih dahulu diberi minyak sayur. Mie sagu pun kemudian siap dihidangkan.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button