Ekobis

BPOM Imbau Masyarakat Perhatikan Label Makanan Saat Belanja

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) Kendari, Yoseph Nahak Klau imbau masyarakat agar lebih teliti dalam berbelanja untuk kebutuhan hari raya.

Kata Yoseph, masyarakat yang berbelanja jangan lupa untuk cek kemasan, pastikan produk yang dibeli harus utuh, tidak kedarluarsa dan tidak berkarat.

Kemudian, harus dibiasakan membaca label, termasuk informasi kandung gizi pada kemasan produk.

“Makanan apa yang akan dikonsumsi itu kita sudah tahu manfaat dan bahayanya, serta kemasan terbuat dari apa itu perlu juga kita tahu, agar apa yg kita konsumsi semua kadar kandunganya sudah diketahui,” ungkapnya saat diwawancarai Detiksultra.com.

Lanjut Yoseph, tak kalah penting produk yang dibeli ada izin edarnya, kalau dari Badan POM ada lebel tulisannya.

“Labelnya itu, PPOMRI,MD disertakan dua belas angka dibelakangnya, atau PPOMRI,ML itu semua label dari BPOM,” pungkasnya.

Terkait makanan yang kedarluarsa, Yoseph berharap masyarakat untuk tidak membelinya. Pasalnya itu sudah tidak layak untuk dikonsumsi karena sudah sampai batas pemakaian.

“Kedaluarsa paten, jadi kalau ada produk yang kadarluarsa April maka tidak boleh ditambah bahwa Mei masih bisa dipakai jadi jika sudah April kedaluarsa maka sudah seperti itu,” tutupnya.

 

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button