Wakatobi

Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Haliana Tanyakan Aset Daerah

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Haliana pertanyakan aset milik daerah pada saat penyampaian pidato serah terima jabatannya sebagai bupati di kantor DPRD setempat, Selasa (6/7/2021).

Katanya, ia perlu mengetahui keberadaan aset maupun fiskal daerah pada saat serah terima jabatan. Sehingga ada gambaran baik kondisi fiskal maupun seberapa besar aset yang dimiliki daerah.

“Kita juga perlu mengetahui keberadaan aset, serta kondisi aset yang kita punya,” katanya.

Hal itu disampaikan Haliana lantaran sertijab yang berlangsung terkesan hanya sebatas serah terima jabatan saja.

Menurutnya adalah sesuatu yang wajar jika ia menanyakan kondisi dan keberadaan aset. Sebab, hal itu juga sudah tertuang dalam Permendagri Nomor 19.

“Idealnya kan setelah masa jabatan harus ada pemeriksaan aset, ini adalah sesuatu yang wajar lah tentang pengelolaan aset daerah, sebagaimana juga yang termuat dalam Permendagri Nomor 19,” kata Bupati Wakatobi Haliana.

Kendati kondisinya demikian, iapun meminta agar dilakukan audit kejelasan aset daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat. Ia menginginkan pada masa kepemimpinannya ada transparansi sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat Wakatobi. (bds*)

Reporter: Abdul Ganiru
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button