Wakatobi

Pilbup Wakatobi 2020, 11 Tokoh Rebutan Tiket PDIP

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Hiruk pikuk kompetisi pilbup Wakatobi 2020 mulai terasa dengan dibukanya penjaringan bakal calon kepala daerah oleh DPC PDIP Wakatobi.

Tak tanggung-tanggung, dalam jangka waktu 4 hari penjaringan dibuka, sudah ada 11 nama yang menyatakan kesiapannya untuk menunggangi partai besutan Megawati Sukarno Putri itu dalam pilbup Wakatobi mendatang.

Di antara 11 nama tersebut, tertera nama mantan ketua DPC PDIP Wakatobi, Haliana SE, yang merupakan rival petahana dalam pilbup Wakatobi 2020 H Arhawi SE, serta Ilmiatih Daud.

[artikel number=3 tag=”pilkada wakatobi 2020,pdip wakatobi”]

Sebelumnya, saat ditemui usai pengambilan formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah di PDIP Wakatobi Senin (9/9/2019), Haliana menyatakan keyakinannya bahwa pintu PDIP akan menjadi miliknya.

“Saya sangat optimis PDIP tetap ssya ambil. PDIP itu adalah partai yang benar-benar rasional dalam menetapkan calon pemimpin yang layak,” tuturnya.

Disisi lain, H Arhawi sebagai petahana yang juga mendaftar dalam penjaringan PDIP, memandang bahwa sah-sah saja dirinya turut mendaftar di PDIP. Karena sesuai amanat UU, partai politik merupakan salah satu sarana untuk maju menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Sehingga partai politik dimungkinkan untuk membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah.

“Sehingga siapa saja yang ingin mendaftar ketika partai politik membuka pendaftaran, partai harus terbuka untuk menerima siapa saja termasuk saya. Kalau saya mendaftar di PDIP sah-sah saja, karena itu terbuka untuk umum,” ujarnya singkat, Selasa (10/9/2019).

Ditemui di tempat berbeda, Wakil Bupati Ilmiati Daud menyakatakan kesiapannya untuk bertarung di pilbup Wakatobi 2020 dengan langkah melakukan pendaftaran di partai yang membuka penjaringan.

“Saya akan ikut bertarung di 2020 nanti liat saja seperti apa, dan saya sudah memdaftar di PDIP nantinya semua partai termasuk Partai Golkar, Hanura dan di partai mana saja yang membuka pendaftaran saya akan daftar,” ungkapnya.

Sementara itu Sudirman A Hamid selaku ketua tim penjaringan desk Pilkada DPC PDIP Wakatobi berharap siapapun yang direkomendasikan oleh partai akan mampu memenangkan pertarungan demi membawa cita-cita besar PDIP sebagai partai yang berideologi pancasila.

“Kita tidak akan bisa merealisasikan itu kalau kita kalah. Dari semua figur, pemetaan politik dan hasil survey yang ada, kita berharap setelah direkomendasi, kita bersama-sama berjuang memenangkan pertarungan dan dapat merealisasikan program di masyarakat kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, DPC PDIP Kabupaten Wakatobi membuka penjaringan balon kepala daerah untuk pilkada Wakatobi 2020, mulai 6-13 September 2019 dan 11 orang yang mengambil formulir pendaftaran yaitu H. Arhawi, H. Abdul Rasyid, Hj. Haliana, Eliyadin dan Febri Hidayat, Muhamad Ali, Ilmiati Daud, Abdul Rahman, H. Ariadi, Hasriadi dan Safia Wualo.

Sedangkan yang baru melakukan pengembalian berkas dan resmi mendaftar di PDIP adalah H. Abdul Rasyid.

Reporter: Ema
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button