MunaPolitik

Pospera Geruduk Kantor KPU Muna, Ada Apa?

PLAY

MUNA, DETIKSULTRA.COM– Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan diri Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) geruduk Kantor KPU Muna pada, Selasa (29/9/20).

Mereka meuntut transpransi verifikasi keabsahan dokumen calon Bupati Muna L.M Rusman Emba nomor urut 1 yang mana terdapat perbedaan identitas pada berkas pendaftaran calon.

Pada ijazah yang digunakan mendaftar sebagai calon identitas Bupati Muna cuti itu tertulis La Ode Muhammad Rusman Untung sedang diKTP Elektronik L.M Rusman Emba.

“Katanya hasil verifikasinya dalam bentuk berita acara, kami minta perlihatkan, tapi tidak dikasi lihat makanya kami tidak puas dan mosi tidak percaya pada KPU Muna,” kata Korlap Pospera, La Ode Ilham Malik.

Komisioner KPU, Muhammad Ichsan menjelaskan menyangkut transparansi KPU Muna sudah sesuai yang ditetapkan oleh mekanisme yang ada.

Kata dia, dalam melakukan verifikasi pihaknya merujuk pada keputusan KPU RI Nomor 394 terkait teknis pelaksanaan menguji dan mengklarifikasi keabsahan dokumen syarat calon.

Adapun jika terjadi perbedaan nama antara KTP-el dan ijazah yang diserahkan pada mendaftarkan diri, KPU diminta melakukan klarifikasi dimana orang tersebut pernah menamatkan diri.

“Makanya kami melakukan klarifikasi faktual langsung disekolah yang pernah calon menamatkan dirinya dan hasilnya orang yang sama,” ungkapnya.

Jadi setiap dokumen yang telah kami verifikasi hasilnya diberikan kepada pasangan calon dalam bentuk berita acara.

“Dan hasilnya dinyatakan memenuhi syarat,” ucapnya.

Reporter: Abd. Rasyid S
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button