Konawe SelatanPolitik

Ruksamin – Abu Haera Siapkan Strategi Jitu untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

PLAY

KONAWE UTARA, DETIKSULTRA.COM – Pasangan calon Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin mengaku telah berbuat banyak untuk ketahanan pangan di masa periode pertamanya.

Hal itu diungkapkannya saat mengikuti debat kandidat calon bupati dan wakil bupati periode 2021 – 2026 di Aula Pemerintah Daerah (Pemda) Konut, Kamis (3/12/2020).

Katanya, untuk sektor pertanian dirinya sudah membangun infrastruktur dasar secara bertahap. Mulai irigasi pertanian, cetak sawah, dan infrastrukur penujang lainnya.

“Alhamdulillah kita punya hasil pangan mulai dari beras, jagung, kedelai itu meningkat dari tahun sebelunya,” ucap Ruksamin.

Lagi, di masa kepemimpinannya 400 alat dan mesin budidaya tanaman (Alsintan) sudah ia adakan. Walaupun demikian, Alsintan tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan para petani.

“Faktanya masih ada juga yang salah memanfaatkan oleh oknum – oknum tertentu. Misalnya handtraktor ataupun jonder yang kita siapakan malah justru dimanfaatkan untuk mengolah sawah,” katanya.

Supaya Alsintan yang telah anggarkan pemerintah dapat digunakan dengan tepat, Ruksamin – Abu Haera menyiapakan sejumlah strategi.

Salah satunya yakni garda tani. Nantinya kata dia, pemrintah akan merekrut petani-petani yang memang memiliki skill untuk menggunakan Alsintan, seperti handtraktor, jonder dan lain – lain.

“Bukan hanya itu, kita akan memfasilitasi para petani dengan cara menyiapkan bibit dan pupuk subsidi walaupun distribusinya sangat susah,” jelasnya.

“Jadi para petani tinggal menanam dan menyiapakan lahan. Nantinya jika proses ini berjalan baik, yakin dan percaya sektor pangan di Konut akan meningkat,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button