Konawe SelatanPolitik

125 Desa di Konawe Selatan Laksanakan Pemilihan Serentak

PLAY

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 125 desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal melaksanakan pemilihan secara serentak, 1 April mendatang. Wakil Bupati setempat, Dr H Arsalim SE MSi meminta panitia penyelenggara tetap independent.
Hal ini disampaiakan Arsalim pada kegiatan pembekalan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades), yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Konsel, Selasa (30/1/2018).
“Panitia Pilkades harus independent, memiliki sikap tegas dan terpercaya serta tidak mendukung salah satu calon,” kata Arsalim.
Ia berharap, Panitia Pilkades mampu menyelesaikan sengketa. Tidak mendorong permsoalan ke bupati, wakil bupati ataupun sekretaris daerah. Calon yang tidak memenuhi syarat administrasi atau pemalsuan dokumen mesti digugurkan. Tidak membiarkan hingga permasalahan berlarut-larut yang berdampak pada terganggunya proses tahapan Pilkades.
“Panitia Pilkades sangat penting perannya, jika ada calon dianggap tidak lolos verifikasi, ya katakan tidak lolos, tentunya bisa dipertanggung jawabkan, jangan lagi diarahkan ke kami (pejabat pemerintah). Seperti kasus kemaren terkait ijazah palsu maupun hal lainnya, harus berani menolak, jangan mau diintervensi,” tegas Arsalim.
Ia menambahkan, pemilihan Kades mirip dengan Pilgub (pemilihan gubernur ) maupun Pilbup (pemilihan bupati), kadang terjadi gesekan karena perbedaan pilihan. Menghindari kesalahan dan gesekan, panitia Pilkades penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Khususnya, memahami aturan dan ketentuan pelaksanaan Pilkades.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Cuncun

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button