Kolaka Timur

Pemda Koltim Bangun 38 Titik Jalan Beton untuk Bantu Usaha Tani dan Produksi

Dengarkan

KOLAKA TIMUR, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dibawah kepemimpinan Abd Azis membangun sepanjang 38 titik rabat jalan beton untuk membantu usaha tani dan produksi.

Kadis Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba menyebut, tambahan pembuatan rabat beton yang akan dibangun tahun ini, sebanyak 38 titik.

Masing-masing delapan titik dana alokasi umum atau DAU, dan 30 titik yang bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK.

”Saat ini sementara proses dengan menggunakan metode Katalog. Dari 38 titik ini, rata-rata panjanganya itu 280-300 Meter per titik,” beber Lasky melalui keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, hingga akhir 2023, Pemda Koltim telah mengerjakan rabat beton jalan produksi dan usaha tani di beberapa kecamatan dengan total panjang 3.867 meter atau 3,87 kilometer.

Adapun lebar masing-masing beton jalan produksi tersebut dua meter, yang bersumber dari APBD, dan APBD-Perubahan. Kadis Perkebunan Koltim, Lasky Paemba mengungkapkan jalan rabat beton yang dibangun tersebar di Kecamatan Tirawuta, Lambandia, Mowewe, Lalolae, Aere, dan Dangia.

Pembangunan jalan produksi perkebunan atau jalan pertanian ini, baik pembukaan jalan, peningkatan, pengerasan jalan maupun rabat beton, merupakan salah satu upaya Pemkab Koltim melalui Bupati Koltim.

“Pembangunan ini guna membantu petani atau pekebun dalam mengangkut hasil produksinya serta memudahkan akses terhadap pasar,” ungkap Lasky.

Sementara itu, Bupati Abd Azis mengatakan pembangunan itu mengingat akan kebutuhan masyarakat. Pemda Koltim harus hadir di mana masyarakat membutuhkan pertolongan, salah satunya pembangunan jalan.

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, harus kita upayakan untuk mewujudkannya. Seperti jalan produksi ini, sangat dibutuhkan sekali oleh petani kita dalam mengelola dan memasarkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan mereka. Meskipun belum semua kita penuhi,” ujarnya. (kjs)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button