ButonRamadhan

Keluarga Alumni KAMMI Kepton Berbagi Sedekah Ramadan pada Kaum Duafa

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Kepulauan Buton (KA KAMMI Kepton) membagikan paket sedekah ke sejumlah duafa yang ada di Kota Baubau baru-baru ini.

Hal tersebut dilakukan oleh lembaga besutan tokoh nasional Fahri Hamzah ini guna membangun kepekaan terhadap masyarakat kurang mampu melalui sedekah ramadan.

Ketua KA KAMMI Kepton, Junaid Gazalin mengatakan, rasa kepedulian kepada sesama sangat penting untuk ditumbuhkan. Sebab, hal itu adalah ajaran Pancasila dan sesuai dengan syariat Islam.

“Kita tak hidup sendirian di dunia ini. Selain itu, ada hak orang lain dalam harta kita dan itu perlu kita serahkan kepada orang-orang yang diberi hak dalam syariat agama kita,” ujarnya.

Pembagian sedekah ramadan ini dirangkaikan pula dengan buka puasa bersama yang dihadiri oleh kader-kader Pengurus Daerah (PD) KAMMI Kepton dan Pengurus Komisariat (PK) KAMMI Baubau. Buka puasa bersama dilakukan guna memperat ukhuwah islamiyah antara kader dan alumni.

Selain itu, kata pria yang mengajar di kampus Univerisitas Muhammadiyah Buton (UMB), buka puasa bersama yang digelar di Keraton Buton itu, sebagai upaya untuk terus mengkonsolidasikan kekuatan pemuda, serta upaya saling menguatkan.

“Ramadan merupakan awal penyatuan persepsi dan hati manusia melalui Al-Quran. KA KAMMI dan KAMMI menangkap ini sebagai momentum penguatan agar langkah dan arah setiap alumni dan kader terus seirama,” terang Junaid.

Ketua PD KAMMI Kepton, Fadaldin, bersyukur atas upaya KA KAMMI merangkul pengurus KAMMI Kepton.

Baginya, KA KAMMI merupakan permodelan bagi kader KAMMI di Kepton. Apa yang dilakukan alumni, akan menjadi contoh bagi kader.

Hal serupa disampaikan Adi Majun selaku Ketua KAMMI Komisariat Baubau.

Pria asal Tomia kabupaten Wakatobi itu menilai, KA KAMMI hari telah memberi contoh yang baik bagi kader, yaitu mengajarkan kepekaan terhadap sesama, sekaligus memberi gambaran kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan di daerah.

Ia juga bersyukur, alumni menginisiasi pertemuan akbar kader di Kota Baubau di bulan kemerdekaan, di mana Indonesia memproklamasikan diri sebagai negara merdeka di bulan Ramadan. (cds/*)

 

Reporter : Abdul Ganiru
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button