Buton

Jelajah Buton, Menikmati Pesona Surga Air Terjun Kahauhauna

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COMButon adalah salah satu pulau di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terkenal dengan bumi aspalnya.

Daerah ini pun juga terkenal menyimpan banyak pesona keindahan alam nan menghipnotis saat datang menyaksikan surga air terjunnya.

Pengalaman menjelajah air terjun dalam rerimbunan hutan pulau Buton, dijamin sulit untuk dilupakan.

Salah satu air terjun fenomenal di Kabupaten Buton adalah air terjun Kahauhauna.

Air terjun ini berlokasi di Desa Kancina’a, sekitar 12 kilometer dari pusat Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra.

Nama air terjun Kahauhauna sendiri, berasal dari bahasa lokal Buton yang artinya air terjun yang mengeluarkan asap.

Untuk menjangkau air terjun Kahauhauna pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Akses jalan menuju sumber air terjun ini juga cukup mulus teraspal dengan melintasi rerimbunan pohon di kawasan hutan Wayaro.

Saat pengunjung sampai dititik singgah kendaraan, sudah terdengar suara jatuh air terjun dari lembah kawasan hutan.

Saat menginjakkan kaki menuju air terjun, terpampang nama air terjun Kahauhauna, lengkap dengan fasilitas peristirahatan sebelum pengunjung berjalan kaki menuju titik air terjun.

Ditempat ini pun juga dijamin akan menggoda pengunjung untuk mengabadikannya dalam kamera foto dengan memilih beberapa spot-spot yang sangat menarik tentunya.

Perjalanan berlanjut menuju titik air terjun, yang dilalui dengan berjalan kaki menuruni sekitar 176 anak tangga dengan kemiringan yang tak biasa.

Saat menuruni anak tangga, pengunjung harus ekstra hati-hati dan berpegang pada palang pengaman karena kondisinya licin, sehingga rawan terpeleset apalagi bila kondisi pasca hujan.

Butuh lebih dari 15 menit waktu untuk menuruni tangga beton yang jadi akses utama menuju pusat air terjun.

Sesampainya di bawah lembah, rasa lelah menuruni tangga hilang berganti perasaan bahagia dan ingin langsung menikmati air terjun yang sekelilingnya ditumbuhi vegetasi hutan yang masih perawan.

Air terjun Kahauhauna, ternyata menyimpan rahasia panorama yang tak banyak diketahui orang.

Pemerintah setempat pun memberi perhatian penuh terhadap obyek wisata ini dengan menggenjot pembenahan fasilitas demi kenyamanan pengunjung air terjun.

Pembenahan lokasi obyek wisata air terjun unggulan di Kecamatan Pasarwajo bahkan dianggarkan sampai lebih Rp1 miliar.

Dengan membangun berbagai fasilitas seperti jembatan kayu, tempat bersantai pengunjung, dan akses jalan beton yang menghubungkan ke titik air terjun utama.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 17 meter memberikan sensasi menyejukkan, perasaan seolah menyatu dengan energi alam dengan desiran aliran airnya yang terdengar begitu syahdu.

Untuk mandi di air terjun ini, pengunjung bisa menggunakan akses jembatan kayu yang kini tengah dirampungkan penyelesaiannya.

Kepala seksi Penataan zona kreasi dan ekonomi kreatif Dinas Pariwisata Buton, Zurniah, mengakui obyek wisata air terjun ini masih perlu pembenahan fasilitas.

Ia meyakini air terjun Kahauhauna akan jadi salah satu obyek wisata unggulan Pasarwajo.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Buton belum memberi kebijakan retribusi untuk masuk berkunjung ditempat ini, sehingga masyarakat bebas masuk untuk menikmati keindahan alam dan air terjun Kahaw hauna.

“Ini masih kita benahi fasilitasnya, saya yakin kedepan ini jadi obyek wisata yang sangat menarik di Pasarwajo, Buton,” katanya.

Kini, air terjun Kahauhauna tinggal menanti perampungan fasilitas, untuk selanjutnya dikelola maksimal agar kedepannya bisa jadi salah satu sumber potensial pendapatan daerah di sektor pariwisata.

 

Reporter: Betyruddin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button