Buton

Berbagi Pengetahuan Strategi Promosi Desa Wisata Wasuemba bersama DESATA

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Desa Wisata Wasuemba adalah pecahan wilayah administratif Desa Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton.

Selain Desa Wisata Wabula yang lebih dulu dikenal dengan potensi wisata budaya, alam bahari, dan kerajinan tenun, kini sebagai wilayah administratif baru Desa Wabula mulai mengembangkan potensi wisata mereka menjadi kawasan Desa Wisata baru di Buton.

Ahmad Nizar selaku ketua tim DESATA sekaligus menjabat sebagai Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI DPC Kota Kendari) mengaku jika kehadiran mereka di Desa Wisata Wasuemba sebagai bentuk sosial sekaligus apresiasi atas komitmen, keseriusan dan antusias masyarakat setempat dalam mengembakan potensi Desa Wisatanya.

“Kami hadir di sini semata-mata sebagai bentuk sosial dalam penguatan kapasitas SDM kepariwisataan di Wasuemba, khususnya strategi promosi desa wisata dan kepemanduan. Kami menyadari bahwa pemerintah juga memiliki keterbatasan penganggaran dan program untuk mengcover semua kebutuhan masyarakat dalam penguatan kepariwisataan, sehingga kami selaku pemerhati pariwisata di sultra terdorong untuk membantu khususnya desa wisata dalam beberapa penguatan kapasitas SDM dan tentu tidak harus selalu karena ada program namun sesekali bisa dikalkukan dalam aksi sosial seperti sekarang ini,” ucap Ahmad Nizar, Senin (28/3/2022)

Menurut Nizar, masyarakat Wasuemba meski berada di wilayah terujung Kabupaten Buton dan berbatasan dengan Buton Selatan sangat antusias dalam bergerak membangun Desa Wisata mereka.

“Meskipun mereka masih baru dalam mengembangkan Desa Wisata, namun seluruh elemen yang ada disini ingin berbuat dan mulai berjalan meski dengan segala keterbatasan, itulah magnet utama sehingga kami datang kesini untuk penguatan bersama masyarakat ” lanjut nizar

Memiliki potensi wisata budaya, alam bahari dan kearifan lokal Desa Wisata Wasuemba berpeluang untuk merebut hati wisatawan baik domestik maupun mancanegara. (bds*)

 

Reporter: Lia
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button