Buton

Antisipasi Tsunami, Ratusan Rumah di Buton Bakal Direlokasi

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Sedikitnya 300 rumah warga Kabupaten Buton bakal direlokasi. Pasalnya wilayah perumahan tersebut berpotensi terjadi tsunami.

“300 rumah di Kabupaten Buton tepat di mulut laut Banda. Rumah dan penduduk di wilayah ini bisa habis luluh lantak kalau terjadi Tsunami. Sebelum terjadi bencana, maka kita perlu pindahkan sejak dini,” kata Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) penataan sistem dasar penanggulangan Bencana se-Sultra, di Kota Baubau, Senin (28/03/2022).

Ia mengatakan, perencanaan relokasi ini sedang berjalan. terkait infrastruktur, pemerintah akan kerjakan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry mengungkapkan, rencana relokasi perumahan itu adalah kolaborasi pemerintah Kabupaten Buton dan pemerintah Provinsi Sultra.

“Saya rasa biaya pencegahan bencana dengan relokasi ini relatif lebih murah dibanding penanganan dampak bencana nantinya. Saya berharap kita bisa lakukan pencegahan bencana secara bertahap sesuai kemampuan,” bebernya.

Untuk diketahui, rencana wilayah relokasi perumahan tersebut berada di area Pasarwajo dan sekitarnya.

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor : Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button