Buton Utara

Pimpin Rapat Persiapan Panitia Pilkades, Wakil Bupati Buton Utara Tegaskan Hal ini

PLAY

BUTON UTARA, DETIKSULTRA.COM – Guna memastikan suksesnya pemilihan kepala desa serentak, panitia Pilkades tingkat Kabupaten Buton Utara mengadakan rapat persiapan lintas sektor pada Selasa (14/6/2022). Rapat persiapan yang dilaksanakan di aula Bappeda Butur ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa selaku Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Buton Utara, Amaludi Muharram. Turut hadir dalam rapat persiapan tersebut, Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mansur S.Sos, TNI-Polri, sejumlah OPD, pemantau Pilkades, camat dan seluruh ketua panitia pemilihan tingkat desa.

Dalam sambutanya, Ahali menegaskan kepada seluruh panitia dari kabupaten, kecamatan dan desa agar mengoptimalkan tugas masing masing.

Guna mengantisipasi pelanggaran dan kecurangan yang akan timbul dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dihelat pada minggu 19 Juni nanti, Ahali mengimbau panitia dan pengawas Pilkades agar memahami dan menguasai regulasi terkait Pilkades dalam Perbup Nomor 4 tahun 2022.

“Jika pengetahuan yang dimiliki panitia penyelenggara dan pengawas Pilkades terbatas, maka masyarakat akan kurang percaya dengan pelaksanaan Pilkades, sehingga berpotensi terjadi konflik,” ungkapnya.

Ahali berharap agar setiap proses pelaksanaan pilkades, mulai dari pendistribusian kotak suara dan surat suara melibatkan pihak keamanan.

“Langkah ini diperlukan agar dalam pelaksanaan Pilkades nanti berlangsung aman, lancar dan tanpa ada pelanggaran hukum, serta melahirkan pemimpin di desa yang berkualitas dan demokratis,”  tutupnya. (bds)

 

Reporter: Laode Baharudin
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button