Buton Tengah

Mahasiswa KKN Universitas Dayanu Ikhsanudin Gelar Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Rumput Lauk dan Ikan Bandeng

PLAY

BUTON TENGAH, DETIKSULTRA.COM – Kerja Kuliah Nyata (KKN) Tematik Angkatan IV Mahasiswa Universitas Dayanu Ikhsanudin Tahun 2021/2022 gelar pelatihan pemanfaatan dan lembuatan produk dari rumput laut dan ikan bandeng.

Kegiatan ini berkerja sama dengan Tim PKK dan Masyarakat Tanailandu yang dilaksanakan di balai Desa Tanailandu, Jum’at (5/11/2021).

Kepala desa Tanailandu, Rafiudin sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, sebab ini salah satu solusi terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi bahan dasarnya hasil budidaya masyarakat sendiri, jadi kedepan kita akan dorong BUMDes untuk memfasilitasi agar menjadi usaha desa Tanailandu,” kata Rafiudin dalam rilis yang diterima Detiksultra.com

Sementara itu, Ketua PKK dasa Tanailandu Ibu Lisna Tahulending mengatakan,
kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pasalnya, ini akan mendorong kreativitas masyarakat untuk mengelolah hasil budi dayanya sendiri.

“Kedepan akan kami kembangkan kepada seluruh masyarakat terkhusus kepada Ibu- Ibu desa dan akan kami pamerkan disetiap kegiatan PKK sebagai bentuk promosi kita,” jelasnya

Ditempat yang sama Koordinator KKN, Nur Cahaya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan dengan hasil observasi kami dilapangan, bahwa desa Tanailandu merupakan salah satu desa penghasil rumput laut dan ikan bandeng.

“Kami sebagian besar berasal dari Jurusan Kelautan dan perikanan. Jadi berdasarkan fakta yang kami dapatkan bahwa harga rumput laut sering tidak stabil, sehingga dengan itu kami berinisiatif untuk melakukan pelatihan pamanfaatan hasil budidaya rumput laut dan ikan bandeng,” papar Nur

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris KKN Yulisnawati, kami sangat berterima kasih kepada masyarakat terkhusus kepada pemerintah desa Tanailandu yang telah menyambut kita dengan baik dan selalu mendukung setiap program yg kami rencanakan.

Adapun delapan jenis pelatihan yang diolah dari rumput laut dan ikan bandeng yakni ;

  1. Pembuatan dodol dari rumput laut
  2. Pembuatan kerupuk dari rumput laut
  3. Pembuatan mie dari rumput laut
  4. Pembuatan abon dari ikan bandeng
  5. Pembuatan kerupuk dari ikan bandeng
  6. Pembuatan naget dari ikan bandeng
  7. Pembuatan pentol dari ikan bandeng.
  8. Pembuatan otak-otak dari Ikan Bandeng.

 

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button