iklan
Baubau

Warga Baubau Diimbau Waspadai Gejala Gagal Ginjal Akut

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Direktur RSUD Kota Baubau melalui Kabid Pelayanan, dr Wa Ode Nurul Husna, menghimbau warga untuk mewaspadai gejala gagal ginjal akut pada anak. Salah satu ciri utamanya adalah tidak bisa buang air kecil.

Nurul mengungkapkan, untuk sementara  orang tua dianjurkan untuk memberhentikan segala jenis obat sirup pada anak. Hal ini sesuai dengan imbauan Kementerian Kesehatan.

“Ciri yang paling identik adalah keluhan tidak bisa buang air kecil atau berkurangnya massa urine dari pada jumlah biasanya. Selain itu, gejala bisa diikuti demam dan muntah,” beber Nurul Senin (25/10/2022).

Selama ini, pihaknya telah menangani dua pasien anak gagal ginjal akut. Kedua pasien tersebut awal masuk juga memiliki keluhan kesulitan untuk buang air kecil.

Setelah diketahui anak memiliki gejala gagal ginjal, orang tua diharapkan segera membawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk dilakukan penanganan dan pemeriksaan  lebih lanjut. Apakah keluhan yang dirasakan anak memiliki keterkaitan dengan penyakit gagal ginjal akut atau tidak. (bds)

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button