iklan
Baubau

Panglima Kesultanan Buton Harap Pemekaran Kepton di Tangan Jokowi

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Kapitalao Matana Eyo (Panglima Bagian Timur) Kesultanan Buton La Ode Muhamad Arsal menyampaikan harapan masyarakat Buton terkait pemekaran provinsi Kepulauan Buton (Kepton) di hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal ini disampaikan Arsal kala pemberian gelar La Ode Muhamad Lakina Bhawaangi Yi Nusantara di Baruga Keraton Wolio, Kota Baubau, Selasa (27/9/2022).

Kapitalao itu menitip harapan lahirnya provinsi di tanah eks kesultanan Buton sebagai provinsi Kepulauan Buton.

Kata dia, kehadirannya di Kota Baubau sebagai wilayah eks kesultanan Buton bukan merupakan sebuah kebetulan. Sebab, sebelumnya Kota Baubau bukan merupakan tujuan Jokowi. Ini merupakan panggilan tanah Buton pada orang nomor satu di Indonesia itu.

“Harapan kami, di tangan Bapak La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara akan lahir provinsi Kepulauan Buton yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Buton,” ungkap Arsal yang disambut meriah oleh masyarakat yang menonton ritual pemberian gelar adat pada Jokowi.

Pada kesempatan itu, harapan tersebut tidak direspons secara lisan oleh Jokowi dalam sambutannya. Meski begitu, Jokowi mengungkapkan terima kasihnya atas gelar yang diberikan Kesultanan Buton dan mengapresiasi adat dan budaya kesultanan Buton masih terjaga hingga hari ini. (bds)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button