Baubau

Bantu Tuna Sosial, Dinsos Baubau Siapkan Anggaran Rp 43 Juta

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau akan memberikan bantuan pada 50 tuna sosial di Kota Baubau. Tuna sosial merupakan gabungan dari gelandangan, pengemis, dan pemulung.

Kepala Dinas Sosial Kota Baubau melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Makmun S.Pd menjelaskan, anggaran bantuan tuna sosial tahun 2022 adalah Rp 43 juta untuk 50 orang terpilih.

“Saat ini pendataan penerimanya sedang berjalan. Bantuan yang diberikan per makanan, seperti telur, beras, indomie, dan sejenisnya. Terkait jumlahnya, kami belum bisa pastikan karena harga kebutuhan dasar saat ini agak dinamis,” jelas Makmun pada Detiksultra.com di Kantornya, Selasa (15/3/2022).

Mestinya, lanjut Ia, bantuan kebutuhan dasar bisa termasuk juga kebutuhan sandang (pakaian), obat-obatan, dan kebutuhan dasar lainnya. Namun, anggaran selama pandemi ini sangat terbatas untuk bantuan tuna sosial. Oleh karena itu, pihaknya hanya menyiapkan bantuan per makanan pada tuna sosial.

Ia menambahkan, tuna sosial yang dipilih harus memenuhi syarat tertentu. Mereka mesti terbukti sebagai orang terlantar dan belum terdata sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Diketahui, bantuan pada tuna sosial ini telah menjadi program tahunan Dinas sosial Kota Baubau. Bantuan tersebut akan diberikan pada tuna sosial pasca lebaran Idul Fitri mendatang.

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button