Baubau

Ali Mazi Pilih Tanah di Benteng Keraton Buton untuk Dibawa ke Ibu Kota Negara Baru

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Tanah Benteng Keraton, Kota Baubau dipilih Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi untuk dibawa ke ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Menindaklanjuti hal ini, Pemerintah Kota Baubau melakukan ritual pengambilan tanah sebanyak dua liter di area Benteng Keraton Buton, Kota Baubau, Jumat (11/3/2022).

“Ini merupakan tindak lanjut dari perintah Bapak Presiden Joko Widodo kepada seluruh Gubernur di Indonesia agar menyiapkan dua liter tanah dan dua liter air untuk disimpan di ibu kota negara yang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” jelas Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse usai melakukan ritual pengambilan tanah di Benteng Keraton, Jumat (11 Maret 2022).

Alasan tanah benteng Keraton Buton terpilih, kata Monianse, karena tanah kawasan Benteng Keraton diyakini diberkati. Sementara untuk dua liter air, kemungkinan akan diambil di Konawe.

“Kami tidak hanya asal mengambil tanahnya saja, kita awali dengan ritual adat yang berlaku di Buton. Pengambilan tanah ini juga sebagai bentuk dukungan Pemkot Baubau, tokoh adat Keraton, maupun masyarakat Buton untuk kejayaan Indonesia di Ibu Kota baru,” tuturnya. (bds*)

Reporter: M6
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button