kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Kampus

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO Gelar Seminar Kewirausahaan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar seminar kewirausahaan dengan tema Menumbuhkan Kolaborasi UMKM Bersama Generasi Muda Dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. Kegiatan ini berlangsung di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Senin (21/10/2024).

Kegiatan Seminar ini di hadiri oleh 2 narasumber utama yakni Konsultan UMKM, Iman Ilahyyat dan Mahasiswa Akuntansi UHO, Nurul Arifatun Aziyzah.

Iman Ilahyyat sebagai narasumber utama mengatakan jika ingin menjadi seorang hanya butuh modal keberanian dan tekad yang kuat dalam membuka usaha di bidang yang disukai.

“Kita bisa mengembangkan bisnis di pasaran dengan mudah dan sukses nantinya. Selain itu, ada alasan penting jika ingin menjadi entrepreneur sejak dini yakni pertama kemandirian secara finansial dengan tidak bergantung kepada orang tua ataupun keluarga,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam membangun sebuah bisnis itu ada sepuluh mindset utama yang harus dimiliki, yakni selalu memiliki nilai tambah, pandai dalam melihat peluang, pemikiran terbuka, selalu memberi atau berbagi, mental juang tinggi dengan bersaing dengan orang-orang di luar, mempunyai mimpi besar untuk dicapai, tujuan yang jelas dan rencana yang terstruktur, tahan banting, disiplin dalam membuka usaha yang kita rintis, dan action.

Diharapkan, seminar ini dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan mahasiswa mengenai bagaimana cara membangun sebuah usaha dan menjadi wirausaha muda. Dengan berwirausaha, Mahasiswa mampu menemukan inovasi dan gagasan baru dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Kewirausahaan merupakan proses pengembangan dan penerapan kreatifitas serta invovasi dalam menyelesaikan masalah dan mampu melihat peluang untuk menciptakan suatu usaha. (**)

 

Reporter: Lilis Agustina
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button