kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Metro Kendari

Dinas Sosial Kendari Gelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Puskesos Kota Kendari

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Sosial Kota Kendari menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) pada Kamis (17/10/2024) di salah satu hotel di Kendari. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Kendari, Eni Misniawati.

Ketua Panitia, Iksan menjelaskan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas profesionalisme Puskesos sebagai salah satu pilar sosial di masyarakat. Selain itu, kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan fungsi dan peran Puskesos dalam menangani permasalahan sosial yang ada di Kota Kendari. Bimtek ini diikuti oleh 130 peserta yang terdiri dari perwakilan 65 Puskesos di setiap kelurahan dan Kepala Seksi yang membina Puskesos di wilayah masing-masing.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pelaksanaan Bimtek ini agar para peserta, yang berasal dari Puskesos dan kelurahan, mampu menjadi narasumber dan problem solver di tempat tugas mereka masing-masing.

“Kegiatan Bimtek ini harus memberikan hasil nyata berupa tambahan informasi dan kemampuan bagi para peserta, sehingga nantinya mereka dapat memberikan solusi praktis atas permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat di wilayah mereka,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa Puskesos berperan penting sebagai garda terdepan dalam menyerap aspirasi masyarakat yang menghadapi masalah sosial. Peran vital Puskesos sebagai penghubung antara kebijakan pemerintah kota dan kebutuhan masyarakat membuat kegiatan Bimtek ini sangat penting dalam meningkatkan pemahaman mengenai permasalahan sosial di Kota Kendari.

Dalam wawancara terpisah, Ridwansyah Taridala juga menyinggung tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dalam menangani permasalahan sosial. Menurutnya, pemerintah daerah masih dihadapkan pada keterbatasan kemampuan dan sumber daya, meski secara nasional masalah sosial sudah diatur.

“Kita menjadi fasilitator di daerah untuk mengakomodasi masalah-masalah sosial dan mengusulkannya ke kementerian. Namun, kita masih menghadapi keterbatasan kemampuan daerah dalam menangani persoalan tersebut,” jelasnya.

Dengan diadakannya Bimtek ini, diharapkan seluruh Puskesos di Kota Kendari dapat bekerja lebih optimal dalam memberikan layanan dan penanganan terhadap masalah sosial di masyarakat. (**)

 

Reporter: Wilda
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button