kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Politik

Kampanye di Desa Wakoila dan Waukuni, La Ode Darwin-Alibasa Janji Perbaiki Dermaga dan JUT

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Pasangan calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin-Alibasa kembali melakukan kampanye dialogis pada Rabu (16/10/2024). Kali ini kampanye dilakukan di dua desa yakni Desa Waukuni dan Wakoila. Dalam momen kampanye tersebut, La Ode Darwin-Alibasa mendengarkan keluhan para warga setempat.

Mewakili keluhan masyarakat, salah satu tokoh masyarakat Desa Waukuni, La Hamidi menyebutkan selama ini warga mengeluh infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) yang belum memadai. Selain itu, kondisi dermaga yang sangat memprihatinkan sebab hingga saat ini belum ada perbaikan dari Pemda setempat. Padahal, dermaga tersebut merupakan satu-satunya harapan untuk dijadikan pelelangan ikan serta pengelolaan empang yang kini terbengkalai.

“Akses jalan menuju dermaga sangat memprihatinkan. Selama ini belum ada perbaikan dan peningkatan. Apalagi saat musim hujan, para warga kesulitan untuk melalui jalan tersebut,” ungkapnya.

Akibat kerusakan jalan tersebut, berimbas pada hasil olahan pertanian mereka yang mengalami banyak kendala karena tidak dapat didistribusikan ke rumahnya langsung.

“Selain itu, kami juga meminta bantuan hand tracktor dan jonder,” harapnya .

Tidak hanya itu, berbagai keluhan lainnya juga datang dari salah seorang warga setempat yakni dibutuhkan pembangunan pasar sentral yang dapat meningkatkan perekonomian di Muna Barat, karena hingga saat ini pasar di Muna Barat hanya ada pasar harian baik di wilayah Lawa, Kusambi, dan Sawerigadi. Masyarakat meminta agar pembangunan kompi 725 cepat terealisasi.

Menanggapi hal tersebut, calon bupati La Ode Darwin mengatakan bahwa di Kecamatan Sawerigadi memiliki potensi pada tiga sektor yaitu pertanian, peternakan, dan perikanan sehingga keluhan yang disampaikan oleh masyarakat akan menjadi atensinya ke depan, apalagi terkait sektor pertanian baik dari infrastruktur jalan, pupuk gratis, dan alat pertanian.

“Ini akan kami atensi dan sudah di masukan dalam visi-misi, apalagi keluhan warga soal pertanian,” ungkapnya.

Kemudian terkait perekonomian ia juga akan mengusahakan untuk pembangunan pasar sentral.

“Kita bangun Muna Barat ini dengan penuh ketulusan dan bisa sejajar dengan daerah lain di wilayah Sultra,” pugkasnya. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button