Politik

Kunjungi Masjid Tertua di Buton, Lukman Abunawas Sebut Masjid Wawoangi Merupakan Sejarah yang Harus Dilestarikan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Salah satu pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas dan La Ode Ida (LA-IDA) dengan nomor urut 3 menyempatkan diri berziarah ke Masjid Wawoangi yang merupakan masjid tertua di Kabupaten Buton, Jumat 11 Oktober 2024. Diketahui Masjid ini didirikan Syeh Abdul Wahid di tahun 1527 dengan bentuk seperti rumah kecil yang dipercaya sebagai masjid pertama kali dalam mensyiarkan Islam di Pulau Buton. Masjid ini terletak di atas pegunungan Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. Lukman Abunawas mengatakan bahwa dirinya telah tiga kali berkunjung ke tempat tersebut untuk berziarah.

“Saya sudah ketiga kali ketempat ini untuk melakukan ziarah, di sini juga ada makam Syemh Abdul Wahid yang pertama kali menyebarkan agama Islam di jazirah Buton,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa ini adalah sejarah yang tidak boleh dilupakan. Menurutnya, tempat ini merupakan sejarah penyebaran syiar agama Islam khusunya di Sultra.

“Kurang lebih di tahun 1500 di Sampolawa ini sudah ada penyebaran agama Islam dan ini adalah sejarah kita umat Islam khususnya di Sultra,” ungkapnya.

Olehnya itu, ia berharap supaya sejarah harus diperkenalkan agar diketahui masyarakat luas, sehingga masjid ini dijaga bersama dan dilestarikan keasliannya.

“Kita mesti jaga bersama dan lestarikan agar anak cucu kita masih mengetahui sejarahnya,” pungkasnya. (kerjasama)

 

Reporter: Sainal
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button