Politik

Survei Terbaru SMRC untuk Pilkada Muna, Elektabilitas Rajiun-Purnama Tertinggi Dibanding Calon Lain

Dengarkan

MUNA, DETIKSULTRA.COM – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei simulasi lima nama pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hasil survei SMRC mengungkapkan, paslon Bupati dan Wakil Bupati Muna Rajiun Tumada-Purnama Ramadhan memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan calon lain.

Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani melalui divisi Program Managernya, Saidiman Ahmad saat dihubungi Kamis (10/10/2024) membenarkan hal tersebut. Diketahui survei tersebut dilakukan pada periode 29 September sampai 3 Oktober 2024.

Hasilnya, Rajiun-Purnama memiliki elektabilitas tertinggi yakni 48,3 persen dari paslon lainnya. Untuk urutan selanjutnya disusul paslon Bupati Bachrun-Asrafil dengan elektabilitas 19,4 persen.

Selanjutnya paslon Bupati La Ode Kardini-Noor Dhani 11,5 persen, disusul La Ode Husuna Ringa Jhon-Syarifuddin Udu 3,1 persen, dan Abdurrahman-Awal Jaya Bolombo 1,5 persen.

“Keunggulan utama Rajiun-Purnama itu pertama karena tingkat keterkenalannya di masyarakat 95 persen. Sementara Bachrun itu baru dikenal 71 persen. Jadi calon lain itu masih di bawah Rajiun. Sementara warga itu untuk memilih pertama kali yang dilihat itu apa dia dikenal atau tidak. Kedua tingkat penerimaan publik itu Rajiun paling tinggi yaitu 84 persen,” jelasnya. (bds)

 

Reporter: Mukhtar Kamal
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button