Muna Barat

Gelar Deklarasi Damai, KPU Muna Barat Harap Kampanye Berjalan Aman dan Tertib

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat, La Tajudin berharap pelaksanaan kampanye pasangan calon bupati dapat berjalan aman dan tertib.

Hal tersebut disampaikan saat menggelar deklarasi kampanye damai yang berlangsung di kantor KPU, Selasa (24/9/2024).

“Marilah kita bersama-sama melaksanakan giat-giat kampanye dengan aman dan tertib,” ajak Tajudin dalam sambutannya.

Pihaknya juga telah menyampaikan kepada paslon bahwa memasuki masa kampanye, pihak KPU telah mengatur titik pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Hal ini telah ditentukan zonasi ruang umum sehingga dalam zonasi ini dapat dijaga kondusifitasnya, tentunya bawaslu juga akan mengimbau terkait kegiatan kampanye karena jika melanggar ketentuan kegiatan kampanye maka berkonsekuensi pada pembatalan calon sehingga ini menjadi catatan bagi parpol, LO, maupun paslon.

Selain itu, Tajudin menginginkan penandatanganan deklarasi kampanye bukan hanya sebatas tanda tangan, tetapi harus muncul secara kolektif dari masyarakat dan peserta pilkada untuk berkomitmen menyelenggarakan kampanye dengan aman dan tertib karena tidak hanya penyelenggara harus berkomitmen.

Jika melihat laporan dari Polres Muna bahwa peta kerawanan yaitu di Muna Raya dan juga Muna Barat sehingga ini harus dipatahkan yakni Muna Barat tidak terikut dalam riwayat peristiwa ini.

Tetapi sebagai penyelenggara teknis, KPU tidak cukup dengan menyampaikan atau mengingatkan berkaitan dengan undang-undang, regulasi, keputusan kalau tidak ada kesadaran kolektif peserta dalam hal ini partai pengusung maupun paslon.

Ia mengatakan dengan sikap perbedaan pilihan, tidak bisa kita menjadikan sebagai sesuatu yang bisa mencederai nama baik daerah.

“Dengan pembacaan deklarasi kampanye oleh Paslon maka dapat diimplementasikan pada kampanye mulai 25 September-23 November 2024 mendatang agar tetap tertib dan aman,” tukasnya. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button