Politik

Resmi Daftar di KPU, Duet AJP-ASLI Janji Bebaskan Kota Kendari dari Banjir

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra-Andi Sulolipu (AJP-ASLI) resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Kamis (29/8/2024).

Dari pantauan detiksultra.com, AJP-ASLI didampingi masing-masing partai pengusung, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kendari, LM Inarto, Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Jumran, dan Ketua Bappilu DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Sahabuddin beserta pengurus lainnya.

Kemudian Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hasbudi serta pengurus DPC PPP Kota Kendari lainnya, dan ribuan simpatisan yang turut mengawal AJP-ASLI menuju kantor KPU Kota Kendari.

AJP mengatakan, berkas pendaftaran mereka telah diterima oleh KPU Kota Kendari, tinggal menunggu penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari periode 2025-2030.

“Alhamdulillah pendaftaran hari ini berjalan lancar, berkas kami sudah diterima dan dinyatakan lengkap,” kata AJP.

Tak lupa, AJP-ASLI berterima kasih kepada partai pengusung dan ribuan simpatisan yang sudah membersamai dan mengawal proses pendaftaran di KPU Kota Kendari, sehingga berjalan damai dan aman.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sultra ini menyampaikan kelak diberikan amanah oleh masyarakat menjadi Wali Kota Kendari bersama dengan Andi Sulolipu sebagai Wakil Wali Kota Kendari, banyak hal yang akan dituntaskannya.

Di antaranya, persoalan banjir. Ia menuturkan, banjir hampir tiap tahun selalu menjadi momok menakutkan untuk masyarakat Kota Kendari. Ke depan, AJP sebut, masalah dipastikannya tidak ada lagi.

Kemudian bagaimana meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan berbagai inovasi, dan memanfaatkan sumber pendapatan yang mampu mendongkrak PAD Kota Kendari.

Hal lain, terkait program pengembangan kawasan Kendari Central Businnes District (K-CBD). CBD akan menjadi pusat segala kegiatan bisnis, ekonomi, dan teknologi.

AJP mengimbuhkan, ada pula program lain yang sejalan dan mendukung upaya mewujudkan Kendari bersih dan bebas banjir. Misalnya, program perbaikan sistem pengelolaan sampah dan program penataan ruang terbuka hijau.

Tidak hanya berfokus pembangunan fisik, upaya penguatan SDM dan apresiasi kepada para ujung tombak pembangunan daerah juga menjadi atensi AJP-ASLI.

Jika kelak diberi amanah memimpin Kendari, AJP memastikan peningkatan kesejahteraan dan umrah atau holy land gratis untuk Ketua RW/RT, Ketua LPM dan imam masjid dan marbot.

“Jadi 20 program kerja prioritas Kendari BISA, beberapa di antaranya terkait dengan peningkatan tunjangan dan umrah gratis bagi Ketua RT/RW, Ketua LPM, imam masjid dan marbot. Juga termasuk peningkatan kesejahteraan petugas kebersihan dan peningkatan tunjangan kinerja daerah bagi ASN dan tenaga kontrak,” jelasnya.

AJP-ASLI juga mempersiapkan pondasi untuk pembangunan Kendari pada masa depan dengan menyiapkan generasi unggul. Untuk itu, program Kendari BISA menyiapkan beasiswa pendidikan bagi pelajar maupun mahasiswa tidak mampu dan berprestasi.

Program lainnya yang tidak kalah penting adalah upaya mendorong pertumbuhan dan pengembangan UMKM. Diakuinya UMKM adalah pilar perekonomian yang mesti mendapat dukungan. Olehnya itu, AJP-ASLI mencanangkan program pengembangan UMKM melalui promosi dan modal usaha.

“Tidak ketinggalan, digagas pula program Kendari BISA yang berkaitan dengan bidang kesehatan dan budaya,” tukasnya. (*)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button