berita sulawesi tenggara

Pertama di Muna, SMPN 2 Raha Buka Pendaftaran Online

240 x Tayang Publisher: On:
Pertama di Muna, SMPN 2 Raha Buka Pendaftaran Online
Suasana pendaftaran peserta didik baru. Foto: Istimewa.

MUNA, DETIKSULTRA.COM – Terobosan baru dilakukan oleh SMP Negeri 2 Raha. Ketika semua sekolah di Kabupaten Muna masih menerapkan pendaftaran siswa baru secara manual, SMPN 2 Raha membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online.

Sekolah ini berupaya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi calon siswanya.

Kepala SMPN 2 Raha, La Oko mengatakan, orang tua dan peserta didik tidak perlu datang mengantri lagi untuk mendaftar karena PPDB secara online dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

“PPDB online ini dapat dilakses selama 24 jam sesuai kesempatan calon pendaftar. Jarak dan tempat tidak lagi menjadi masalah. Di Sekolah Dasar manapun siswa tamat di seluruh Indonesia atau luar negri dapat segera mendaftarkan diri sesuai waktu yang telah ditetapkan pihak sekolah,” katanya kepada Detiksultra.

Status pendaftaran pun dapat diketahui setiap saat, mulai dari proses penerimaan sampai dengan pengumuman secara real time. Pendaftaran dapat diakses di website smpn2raha.com mulai tanggal 2 hingga 7 Juli 2018.

Gagasan pendaftaran online, kata dia, dimaksudkan untuk menjawab perkembangan teknologi informasi masa kini, dalam memperkenalkan calon peserta didik baru dan orang tua siswa tentang pentingnya menguasai dan menggunakan IT. Lanjutnya, Pemerintah dalam banyak hal telah menggunakan IT untuk pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan.

“Untuk ujian nasional misalnya, Kemendikbud menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dengan pengenalan IT melalui PPDB online ini, diharapkan siswa nantinya sudah terbiasa menggunakan IT, sehingga tidak ada lagi rasa was-was dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer,” imbuhnya.

Meskipun demikian, pihak sekolah masih membuka ruang bagi mereka yang tidak dapat mendaftar online karena berbagai alasan.

“Kami juga akan membantu mereka yang menemui kendala, dengan cara didaftarakan oleh panitia ataupun diarahkan atau dibimbing mendaftar sendiri,” tandasnya.

Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

No Responses

Tinggalkan Balasan