Politik

Pengamat Politik Sebut Abdul Razak-Andi Sulolipu Berpeluang Menangi Pilwali 2024

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pengamat politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Najib Husain menyebutkan Abdul Razak dan Andi Sulolipu punya peluang menangi Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2024 mendatang.

Kata Najib Husain, kans memenangi pertarungan Pilwali Kendari bukan tanpa alasan. Ia menilai keduanya memiliki kekuatan di masing-masing daerah pemilihan (dapil) di Kendari.

Menurutnya, Abdul Razak, Anggota DPRD Kendari dari Fraksi Partai Nasdem ini diketahui memiliki basis pendukung fanatik di Kecamatan Abeli.

Sementara calon partnernya atau calon Wakil Wali Kota Kendari, Andi Sulolipu yang juga Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari saat ini, memiliki basis pendukung di Kecamatan Kendari Barat.

“Keduanya punya basis di wilayah masing-masing,” katanya, Minggu (4/7/2021).

Tak hanya basis, lanjut dosen FISIP UHO Kendari ini, pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

Alasan lainnya pasangan berakronim Asli untuk menahkodai Kota Kendari yang dipimpin Sulkarnain Kadir dan Siska Karina Imran, karena keduanya didukung partai besar.

Sebut Najib Husain keduanya mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan Partai Nasdem. Kedua partai tentunya memiliki jaringan cukup kuat sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan.

Belum lagi, konfigurasi etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis.

Tentunya dengan perhelatan Pilwali 2024 yang kurang lebih 3 tahun lagi penyelenggaraannya, tambah Najib Husain, elektabilitas dan popularitas keduanya dipastikan akan terus menanjak naik.

“Namun dengan catatan, yang penting karena pasangan sangat awal menyosialisasikan diri sehingga perlu mengatur irama dan cerdas dalam memainkan isu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Abdul Razak dan Andi Sulolipu telah menyatakan siap berpasangan dan maju di kontestasi politik lima tahunan itu. (bds*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button