Politik

KPU Sultra Butuh 40 Ribu Surat Suara untuk PSU

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah siap melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 40 Tempat pemungutan Suara (TPS) Berdasarkan Rekomendasi Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

“Pada Prinsipnya KPU Sultra siap melaksanakan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu,” ucap La Ode Abdul Natsir Ketua KPU Sultra saat diminta informasi melalui telepon seluler, minggu (21/4/2019).

Natsir juga menjelaskan pihaknya telah meyiapkan keperluan untuk melakukan PSU dibeberapa tempat terjadinya PSU, diantaranya KPU sudah melakukan rekap ulang kebutuhan surat suara yang diperlukan untuk melakukan PSU.

[artikel number=3 tag=”tps,psu,bawaslu,” ]

“Kita sudah melakukan rekap kebutuhan surat suara, mengitung ulang berapa surat suara yang di butuhkan, karena yang lalu itu sudah terpakai, jadi kebutuhan untuk PSU ini sekitar kurang lebih 40 ribu lembar dalam semua jenjang pemilihan, baik presiden DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi maupun kabupaten/Kota di dapil yg ada PSU nya,” ujar Natsir .

Natsir juga menambahkan, berdasarkan kebutuhan surat suara yang akan digunakan dalam PSU nanti, pihaknya akan mengirim pesan ke KPU RI, dalam meminta pencetakan kertas surat suara, formulir-formulir dan pengangkatan personil KPPS yang akan bertugas pada hari H.

“KPPS kita yang diangkat adalah mereka yang menjadi KPPS di pemunggutan suara 17 April yang lalu. jadi ketika terjadi PSU di TPS di beberapa TPS yang ada di Sultra itu, itu kita angkat lagi, untuk bertugas sebagi KPPS PSU,” jelasnya.

Sementara itu, KPU juga saat ini sedang mengecek anggaran, untuk melakukan PSU sesui keputusan sekretaris jendral tentang anggaran bisa digunakan untuk kebutuhan PSU.

“Tadi malam dari 10 Kabupaten/kota dan 40 TPS yang sudah mendapatkan rekomendasi PSU, mengatakan siap untuk melaksanakan PSU. PSU kita akan laksanakan rencanaya serentak dan hari yang sama di 40 TPS itu, kecuali 2 TPS di kecamatan Batu Atas Kabupaten Busel, karena dia berada di daerah jauh dan sulit,” terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan dii 2 TPS itu, kita sudah siapkan 1000 lembar untuk masing-masing tingakatan pemilihan. Untuk kebutuhan pilpres, kami hanya punya stok sisa 500, dan disana ada 461 lembar surat suara yang di butuhkan. Nah itu kita penuhi yang ada di gudang kami di KPU Provinsi,” tutupnya.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button