Pendidikan

Siswa MTsN Kendari Jadi Duta Sultra Pada Kompetisi Robotik Tingkat Madrasah se-Indonesia

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari melepas dua siswanya untuk memperlombakan hasil karyanya berupa robotik rancang bangun mitigasi bencana pada even Madrasah Robotik Competition (MRC) 2018 di Tower Squard Depok Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan itu akan berlangsung pada tanggal 3 hingga 4 November mendatang. Kedua siswa yang menjadi perwakilan Sultra pada kompetisi robotik jenjang Madrasah Tsanawiyah tingkat nasional ini adalah Laode Muhammad Rayyif Rasya Taufan, kelas IX 1, dan Hanif Jawahir kelas VIII 1.

Kepala MTsN 1 Kendari, La Duku, mengatakan, pada tahap seleksi, ada sekitar 200 madrasah se-Indonesia yang mengikuti even ini. Termasuk ada dua tim dari MTsN 1 Kendari. Namun yang lolos hanya 20adrasah saja, salah satunya satu tim dari MTsN 1 Kendari.

“Awalnya kami hanya mengirim gambar robotiknya, dan proses perkembangannya dikirim dalam bentuk video. Ternyata, panitia dan juri langsung menilai dan memutuskan bahwa satu tim dari madrasah kami lolos pada kompetisi robotik ini. Alhamdulillah, hari ini kami melepas mereka secara resmi untuk mempersentasikan karyanya di Depok,” katanya, Jumat (2/11/2018).

BACA JUGA:
>   Vonis ADP dan Asrun, Bariun: Putusan Hakim Sudah Sepadan
>   Polisi Diduga Bekingi Pertambangan Ilegal di Konut
>   Hasid Pedansa: APK Caleg Tak Perlu Pasang Visi Misi
>   Pelantikan Wali Kota Kendari Tunggu Upaya Hukum ADP

La Duku melanjutkan, iven ini merupakan kali pertama MTsN 1 Kendari ikut kompetisi robotik, sekaligus merupakan pengalaman pertama bagi kedua siswa dalam mengikuti kompetisi robotik, tingkat nasional

“Ini tentu merupakan kebanggaan untuk kami, karena ada siswa kami yang bisa bersaing dengan madrasah lainnya di tingkat nasional. Saya rasa even ini bisa menambah pengalaman dan mental mereka, dan semoga bisa memberikan nama terbaik sekolah dan provinsi kita,” harapnya.

Kompetisi robotik madrasah ini adalah merupakan program tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK), yang pertama kali digelar tahun 2015 lalu di Jakarta. Sedangkan, kompetisi robotik madrasah tahun ini merupakan tahun keempat dengan mengusung tema Robot Rescue, Robot Mtigasi Bencana.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button