Pendidikan

Perkemahan Jambore Ranting Puuwatu, Jadikan Wahana Pengembangan Diri

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Jambore cabang tingkat SD, dan SMP/MTs gerakan Pramuka Kwartir Ranting Puuwatu 2020, sebagai wahana proses pengembangan diri yang digelar sejak 13 – 15 Maret 2020 di halaman Kantor Kelurahan Puuwatu Kendari.

Pembina Gudep Torada sekaligus Kepala Sekolah SD 19 Kendari, Zainudin mengungkapkan, Jambore Ranting yang dilaksanakan setiap tahun ini, merupakan ajang seleksi pada Jambore tingkat Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Jambore Ranting Puuwatu dipersiapkan karena nantinya akan diutus pada Jambore tingkat kota yang merupakan pilihan dari beberapa gugus yang ikut pada perkemahan.

“Kegiatan Pramuka lebih mengedepankan segi pendidikan karakter, perubahan sikap, tingkah-laku bahkan pada siswa sebagai pengembangan diri dalam hal ini sifat gotong royong kepada peserta,” ujar Zainudin. Sabtu (14/03/202).

Baca Juga :

Lanjutnya, kegiatan lain yang dilakukan dalam perkemahan yakni kegiatan religi, pembakaran api unggun, lomba baca puisi, serta latihan baris berbaris.

Selain itu, Ketua panitia sekaligus Guru SMP 21 Kendari, Gamilu mengungkapkan, dalam perkemahan kali ini terdapat pelatihan terkait dengan kebersihan lingkungan, perkembangan informasi-teknologi, dan sistem daur-ulang sampah kepada siswa.

“Perkemahan Jambore kali ini kami memberikan materi kepada siswa terkait kepedulian terhadap lingkungan dan belajar sistem daur ulang sampah,” paparnya.

Gugus yang mengikut Jambore ini terdiri dari 13 sekolah meliputi ; 3 SMP dan 10 SD.

Sementara jumlah peserta yang mengikuti perkemahan Jambore sebanyak 254 siswa yang terdiri ; 133 putri dan 121 putra.

Reporter: Sesra
Editor: Qs

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button