Pendidikan

LPKA Kelas II Kendari Hadirkan Program Pendidikan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari kini menghadirkan program pendidikan kepada sejumlah narapidana anak binaan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, melaunching secara resmi program Pendidikan tersebut di Aula LPKA kelas II Kendari, Kamis, (20/5/2021).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, dalam penanganan anak yang berhadapan dengan hukum tidak bisa disamakan dengan yang lain.

“Sehingga dengan hadirnya program pendidikan terhadap lapas anak bisa merubah mereka menjadi generasi yang positif dan bahkan bisa berkontribusi dengan pemerintah,” ujarnya setelah memberi sambutan dalam launching program pendidikan ini.

Dengan begitu, Pemkot Kendari akan melakukan kerjasama untuk mendampingi anak binaan Lapas II Kendari melalui program pendidikan.

Sementara, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus anak kelas II Kendari, Akbar Amnur, mengatakan, dalam launching program pendidikan, anak binaan akan mendapatkan Pendidikan formal, informal maupun non formal.

Lanjutnya, saat ini anak binaan LPKA kelas II Kendari berjumlah 43 orang yang mengalami pemutusan sekolah yang akan diikutkan program pendidikan selama dalam tahanan.

“Melalui dukungan dan koordinasi dengan pihak Pemkot Kendari dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Capil Kota Kendari untuk identitas anak binaan ini agar mengupayakan bahwa mereka harus menyelesaikan sekolahnya,” ujarnya.

Selanjutnya, program psiko edukasi pihaknya telah melakukan simulasi, apabila anak binaan yang bebas telah melakukan training selama tiga Minggu dengan harus mengikuti tahapan seperti mengajarkan tata krama, akhlak, etika dan sopan santun.

Berikutnya, pusat informasi konseling remaja dengan dibuatkan wadah edukasi Kesehatan remaja khusus kesehatan seks dan reproduksi.

Selain itu dalam pembelajaran, pihaknya akan menyusul kurikulum sesuai arahan dari Dikmudora Kota Kendari dengan menyusun jadwal hari perhari sesuai tingkatan sekolah baik itu SD, SMP, SMA dan bagi anak binaan yang mengikuti ujian program kesetaraan dengan paket B dan C.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button