Pendidikan

LAPOR! Goes To Campus: Tekankan Masyarakat Tak Takut Lapor Kasus

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR! terus digaungkan di Sultra, tujuannya agar masyarakat dan mahasiswa jadi garda terdepan pelayanan publik.

Hal ini sangat penting dalam membangun kepercayaan publik melalui penyediaan saluran komunikasi online pemerintah dengan masyarakatnya.

Kamis (12/12/2019), LAPOR! Goes To Campus hadir di Universitas Halu Oleo dalam bentuk Talk Show dengan menghadirkan Korsupgah KPK, Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Puspaham, Kadis Kominfo Kendari, dan pihak Universitas Halu Oleo.

Dalam Talk Show ini, para narasumber banyak mengupas soal mekanisme dan pentingnya Span LAPOR! untuk pengaduan persoalan masyarakat, dimana LAPOR! merupakan satu layanan yang menjadi sarana pengaduan dan penyalur aspirasi yang paling efisien dan interaktif.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo, menyatakan untuk pelaporan suatu persoalan atau kasus, masyarakat sebagai pihak pelapor tak perlu takut karena identitasnya bisa dirahasiakan demi keamanan dan menyamanan pelapor.

BACA JUGA :

“Masyarakat jangan takut melaporkan sesuatu persoalan, kami bisa jamin identitasnya supaya tidak diketahui,” ujar Mastri.

Kominfo Kendari dalam paparannya menyebutkan banyaknya aduan laporan masuk di Kominfo.

Kata Kadis Kominfo Kendari, Abdul RAzak, sedikitnya ada sekitar 68 kasus selama 2019, dimana 54 kasus sudah ditindak lanjuti dan sisanya masih proses.

Aduan tersebut banyak terkait pelayanan PDAM, RS Bahteramas dan RS Abunawas dan aduan soal pungutan liar.

“jumlahnya 68 sepanjang tahun ini, 54 sudah ditindaklanjuti,” ungkap Razak.

Dalam memeriksa Laporan ada dua hal, yaitu verifikasi laporan dan laporan memenuhi syarat.

Berdirinya Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan inisiatif dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunaan (UKP-PPP) Yang mulai gencar disosialiasikan mulai tahun 2013.

Reporter: M4
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button