Pendidikan

BKSDA Sultra Bantu Fasilitasi Penerimaan Siswa Baru SMK Kehutanan Negeri Makassar

PLAY

KENDARI – DETIKSULTRA.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) membantu memfasilitasi seleksi tahap III (kesegaran jasmani dan cek fisik) peserta didik baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar di aula kantor BKSDA Sultra di Kendari, Jumat (28/5/2021)

Kepala KSDA Sultra Sakrianto Djawie melalui rilisnya, Minggu (30/5/2021) mengungkapkan, seleksi tahap III tersebut sangat baik dan positif bagi peserta calon-calon rimbawan muda sebagai ujung tombak di lapangan.

Kata Sakrianto, peserta berjumlah sembilan orang. Sebelumnya tahap I yang lulus administrasi dari Sultra sebanyak 31 orang (28 orang pendaftar jalur regular dan tiga orang jalur khusus/kawasan hutan).

Selanjutnya, 31 peserta yang lulus adminitrasi ini menjalani seleksi tahap II (tes online akademik bagi jalur regular dan ujian wawancara online bagi jalur khusus) dan hasilnya lulus sebanyak sembilan orang, yaitu enam orang jalur regular dan tiga orang jalur khusus.

Seleksi tahap III ini meliputi tes fisik dan pemeriksaan fisik badan. Tes fisik berupa push up dan sit up sedangkan pemeriksaan fisik berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, penglihatan (jarak jauh dan buta warna), pendengaran, dan pemeriksaan menyeluruh.

Koordinator petugas seleksi tahap III Septian Perdana Putra menuturkan, pada seleksi tahun ini, khususnya tes fisik berbeda dengan sebelumnya karena pihak sekolah menyesuaikan dengan kondisi saat ini akibat Covid-19.

Dia menambahkan, jumlah pendaftar tahun ini dari Sultra sangat sedikit apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini kemungkinan akibat kondisi Covid-19 dan masih kurangnya informasi bagi siswa sampai ke pelosok, khususnya di sekitar kawasan hutan.

“Panitia dan peserta dalam melaksanakan seleksi ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Kemudian seluruh peserta tes menggunakan kostum pakaian olahraga dengan membawa kartu tes,” terangnya.

“Kami berharap kedepanya jumlah peminat bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan di SMK Kehutanan Negeri Makassar bisa lebih meningkat lagi,” tambah Septian.

Adapun asal sekolah dari ke 31 peserta tersebut yakni MTsN 3 Buton Tengah satu orang, satu orang dari SMPN 2 Baubau, satu orang dari SMPN 2 Konawe Selatan, satu orang dari SMPN 1 Raha.

Selanjutnya satu orang dari SMPN 2 Raha, satu orang dari SMPN 2 Watopute Muna, satu orang dari SMPN 1 Maligano Muna, satu orang dari SMPN 9 Kendari, dan satu orang dari SMPN 14 Kendari.

Jadi, jika ditotal dari Kabupaten Buton Tengah satu orang, Kabupaten Muna empat orang, Kota Baubau satu orang, Kabupaten Konawe Selatan satu orang dan Kota Kendari dua orang.

Untuk diketahui, BKSDA Sultra juga mengikutsertakan stafnya sebanyak tiga orang sebagai panitia lokal atau petugas untuk membantu panitia dari SMK Kehutanan Negeri Makassar. (bds*)

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button