Pemerintahan

Ali Mazi Lantik Kepala BPKP Perwakilan Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, melantik Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sultra, di Rumah Jabatan Gubernur (Rujab), Selasa (1/12/2020).

Kepala BPKP yang dilantik yakni Nani Ulina Kartika Nasution, menggantikan kepala BPKP yang lama, Abdul Aziz.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, Mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala BPKP atas nama Nani Ulina Kartika Nasution atas pelantikannya sebagai kepala perwakilan BPKP Provinsi Sultra.

“Teriring doa, saya ucapkan selamat kepada Ibu Nani Ulina Kartika Nasution selaku Kepala Perwakilan BPKP Sultra, semoga dapat menjalan tugas yang amanah dan berkarya di bumi Anoa serta mari bersinergi dalam mewujudkan sulawesi tenggara yang aman, maju sejahtera dan bermartabat,” ucap Ali Mazi.

“Kami berharap Kepala perwakilan BPKP yang baru dapat segera beradaptasi, sehingga kerja sama yang telah terjalin sangat baik selama ini antara perwakilan bpkp dengan pemerintah daerah dan segenap komponen di Sulawesi Tenggara dapat terus dipelihara dan lebih ditingkatkan,” tambahnya.

Selanjutnya, kepada Kepala BPKP yang lama Abdul Azis, Gubernur Sultra mengucapkan selamat dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru.

“Untuk itu, kepada bapak Abdul Azis, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala upaya, kerja keras, dan dedikasinya dalam menunaikan tugas sebagai kepala perwakilan BPKP Sultra selama ini,” ujarnya.

Selain itu, orang nomor satu di Sultra ini menyampaikan peran BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Daerah sangat penting dan strategis sehingga diharapkan penyelenggaraan pemerintahan daerah senantiasa berjalan dalam koridor peraturan perundangan yang berlaku serta efektif dan efisien, dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, penguatan SPIP di lingkup pemerintah daerah merupakan salah satu hal yang harus dilakukan agar tata kelola keuangan dan pemerintahan daerah dapat berjalan efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

“Saya menyakini BPKP sebagai pembina APIP akan selalu siap untuk memberikan pendampingan bagi terselenggaranya yang kuat dalam pemerintah daerah. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh kepala daerah (bupati/walikota) se-Sultra dan para kepala OPD agar tidak segan-segan meminta pendampingan kepada BPKP untuk mendukung kelancaran program pembangunan dan terhindar dari kasus korupsi dannpenyimpangan lainnya,” jelasnya.

Sementara, dalam tugasnya mengawal kualitas tata kelola keuangan daerah, BPKP Provinsi telah memberi andil besar dalam pencapaian prestasi opini WTP.

Sebagaimana dikatahui bahwa LKPD Pemprov Sultra telah memperoleh opini WTP sebanyak enam kali berturut-turut dari tahun 2013 hingga tahun 2019.

Atas capaian WTP tersebut, Pemprov Sultra mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan RI yang telah diterima pada tanggal 4 november yang lalu.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi berharap atas pencapaian tersebut, agar dapat terus dipertahankan dengan tetap meningkatkan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah

Reporter: Sesra
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button